Pasien Covid-19 Kota Tanjungpinang Bertambah Lagi 2 Orang

TANJUNGPINANG,- – Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, menyampaikan tambahan dua pasien baru terkonfirmasi positif COVID-19 yang merupakan warga Tanjungpinang, Selasa (28/7/2020).

“Hal ini sebagaimana hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR yang baru kami terima,” kata Rahma.

Rahma menjelaskan, dua pasien terkonfirmasi positif tersebut, yakni pertama Tn. Mu, laki-laki, usia 46 tahun, alamat Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari.

Adapun riwayat perjalanan yang bersangkutan berangkat dari Tanjungpinang ke Surakarta dengan pesawat tanggal 09 Juli 2020 dalam rangka merujuk pasien dan menginap satu malam di Surakarta.

Kemudian esok hari tanggal 10 Juli 2020
berangkat ke Surabaya untuk mengambil paket sekalian mengisi bahan bakar dan
melanjutkan perjalanan ke bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta untuk mengisi bahan bakar tanpa turun dari pesawat dan melanjutkan perjalanan kembali ke Tanjungpinang.

Lanjut Rahma, sampai di Tanjungpinang tanggal 10 Juli 2020. Pasien tanggal 16 Juli 2020 mulai merasa tak sehat dengan keluhan batuk, badan lemah, tidak selera makan dan sesak nafas, dirawat di RSAL Midiyato.S pada tanggal 21 Juli 2020.

Pengambilan swab sebanyak dua kali pada
tanggal 22 dan 23 Juli 2020 dengan hasil PCR negatif.

Kemudian pengambilan ulang swab pada tanggal 25 Juli 2020, dan hasil keluar pada tanggal 27 Juli 2020 dengan hasil Positif.

“Pasien merupakan kontak erat dengan penderita nomor 30,31 dan 32 dan merupakan
klaster baru penularan covid-19 dalam satu keluarga,” ungkapnya.

Pasien kedua, yakni Tn. AC, laki-laki, usia 29 tahun, alamat jalan Nusantara, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Yang bersangkutan merupakan TNI aktif dan dalam tugas di Surabaya selama 3 bulan terakhir.

Tanggal 9 Juni 2020, ia melakukan perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dan menginap di Jakarta selama satu minggu.

Tanggal 16 Juli 2020 berangkat dari
Jakarta menuju Dabo Singkep dengan menggunakan KRI dengan jumlah personil lebih kurang 200 orang.

Tanggal 24 Juli 2020 yang bersangkutan berangkat ke Tanjungpinang dengan menggunakan helikopter dengan jumlah penumpang sebanyak 4 personil termasuk
pilot, setelah sampai di Tanjungpinang dilakukan pemeriksaan Rapid Test pada seluruh personil dan hasilnya Tn. AC dinyatakan Reaktif, dilajutkan dengan pengambilan swab dan hasil PCR pada tanggal 27 Juli 2020 dinyatakan Positif Covid 19.

“Saat ini kondisi yang bersangkutan stabil, sehat tanpa keluhan,” imbuhnya.

Rahma menambahkan, adapun tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang adalah melaksanakan traking pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien, baik di rumah maupun lingkungan kerja, maupun tempat beraktifitas lainnya dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab atau Rapid Tes.

Imbauan kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi hidup baru pada masa pandemi COVID-19.

“Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan lebih sering,” pungkas Rahma.

(Mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *