Dampak Covid-19, Pasien Rawat Jalan Di RSUP Kepri Turun 50 Persen

TANJUNGPINANG,- – Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di RSUP Raja Ahmad Thabib Provinsi Kepulauan Riau di Kota Tanjungpinang berkurang 50 persen sejak pandemi COVID-19.

Normalnya, jumlah kunjungan pasien rawat jalan hingga 400 pasien per hari. Namun, kini turun sekitar 200 pasien per hari.

“Kami tidak tahu kalau di rumah sakit lain seperti apa. Tapi yang jelas kalau di sini itu terjadi penurunan kunjungan pasien 50 persen sejak wabah COVID-19 pada Maret 2020,” ujar Elfiani Sandri, Plt Direktur RSUP Raja Ahmad Thabib, Sabtu (18/7).

Baca Juga :  Geger, Warga Anambas Dikejutkan Kehadiran Puluhan Kapal Pukat Mayang

Eldiani memperkirakan penurunan kunjungan tersebut dikarenakan pasien khawatir untuk datang ke fasilitas kesehatan, terutama RSUP Raja Ahmad Thabib menjadi rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

“Mudah-mudahan mereka tidak menahan penyakit mereka. Kalau tidak ke sini bisa ke fasilitas kesehatan yang lain. Asalkan penyakit-penyakit terutama yang kronis, harus kontrol untuk periksa ulang, tambah obat, geriatri itu tetap harus rutin. Kalau penyakit sederhana di Puskesmas juga bisa,” sebutnya.

Karena penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan, katanya, manajemen RSUP terpaksa menjadwalkan kembali pelayanan di poliklinik.

Baca Juga :  Hari Ini, Disdik Kepri Lakukan Simulasi Belajar Tatap Muka di Batam

Selama COVID berlangsung, lanjut dia, pelayanan poliklinik rawat tetap beroperasi tapi ada pembatasan, tidak penuh selama seminggu, melainkan dua kali dalam sepekan.

“Tidak ada membatasi jumlah kunjungan, tapi karena pasien sedikit, sehingga kita lebih efisienkan jadwal pembukaan poliklinik,” jelas Sandri.

(Mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.