Indeks

Lahan di Desa Bukit Padi Anambas Sudah Bisa Digunakan TNI AL untuk Kepentingan Pertahanan

ANAMBAS, – – Setelah melalui tahap administrasi, Pemkab Anambas resmi menyerahkan aset Badan Milik Daerah Anambas berupa tanah kepada Lantamal IV Tanjungpinang melalui penandatangan Berita Acara Penyerahan dan Penerimaan Hibah tanah secara video conference, Jum’at (26/06/20).

Setelah sama-sama menandatangani naskah hibah tanah seluas seluas 26.922 meter persegi, Bupati Anambas Abdul Haris dan Komandan Lantamal IV Tanjungpinang terlihat menunjukkan naskah yang telah ditandatangani ke peserta video confrence.

Abdul Haris menyampaikan, penyerahan aset BMD tersebut sebagai wujud dukungan dari Pemda Anambas kepada TNI Angkatan Laut di wilayah perbatasan. Haris mengaku, masyarakat Anambas ikhlas menyerahkan aset BMD yang terletak di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Anambas itu untuk kepentingan pertahanan oleh TNI Angkatan Laut.

“Semoga kedepan KKA semakin maju dan berwibawa sebagai pulau terdepan wilayah perbatasan NKRI dengan negara Malaysia dan Vietnam,” doa Bupati Anambas.

Tidak lupa Paban V Faslan Slogal Mabesal menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi dari Aslog Kasal kepada Bupati Anambas dan seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas atas pemberian hibah tanah untuk Lantamal IV.

Hal senada disampaikan Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto. Ia mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan seluruh masyarakat Kepulauan Anambas yang telah ikhlas dan mempercayakan aset tanah tersebut digunakan oleh TNI Angkatan Laut untuk kepentingan pertahanan.

Menurutnya, wilayah laut Kepulauan Anambas disamping berada di perbatasan dengan negara tetangga, juga dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI I) sehingga sangat diperlukan pengawasan yang terus menerus oleh TNI AL. Salah satunya, dengan Patroli Udara Maritim. Untuk itulah aset tanah di Jemaja direncanakan digunakan sebagai Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) untuk mendukung operasional pesawat patroli tersebut.

“Kerja sama ini bentuk sinergitas Pemda KKA dengan TNI AL dan semoga akan terus berlanjut untuk pertahanan negara dan kemajuan Anambas tentunya,” tegas Danlantamal IV.

Ia juga berpesan agar proses administrasi Hibah tanah tersebut dilaksanakan sampai tuntas sesuai aturan yang berlaku.

Adapun Pejabat yang hadir di Ruang Media Center yaitu Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra, Hasnidar Ketua DPRD KKA, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan, M.Tr. Hanla, M.M., Sahtiar, S.H., M.H selaku Sekda KKA dan para Asisten.

Sedangkan Bupati Anambas melaksanakan vicon dari Jemaja Timur yang masih dalam kegiatan kunjungan kerja. Sedangkan dari Mako Lantamal IV ada Danlantamal IV beserta para Asisten .Dari Mabes TNI AL yang diwakili oleh Paban V Faslan Slogal Kolonel Laut (T) Taufik Arif, Kepala BPN Anambas dari Kantor BPN Anambas.

Penulis: Hariyadi
Editor: Redaksi

Exit mobile version