Petani Terus Dibina, Pemkab Targetkan 100 Hektar Tanaman Padi Tercapai di Periode ke-2

ANAMBAS, – – Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Anambas, Effi Sjuhairi terus berupaya meningkatkan hasil panen tanaman padi di wilayah Kecamatan Jemaja Timur, dengan memberikan pembinaan kepada kelompok tani.

Effi Sjuhairi juga menargetkan 100 Hektare tanaman padi di masa tanam periode ke dua tahun ini. Hal tersebut disampaikannya disaat pertemuan antar Ketua Kelompok Tani di kantor Kecamatan Jemaja Timur, Jumat (19/6/2020).

“Setiap kelompok Tani yang ada di Kecamatan Jemaja Timur menyiapkan lahan 20 haktere untuk di tanami padi dimasa tanam berikutnya,” terang Effi Sjuhairi.

“Dari lima kelompok yang ada saat ini kalau di tanami padi seluas 20 hektare setiap kelompok, kita akan mendapatkan 100 haktere lahan sawah, jadi kita targetkan ini tercapai,” ungkapnya.

Setelah dilakukan pertemuan bersama Ketua Kelompok Tani, target dalam penanaman padi periode kedua yang direncanakan bulan Juni hingga Desember 2020 seluas 50 hektare yang akan di tanami, Dinas terkait juga akan membantu petani dalam masa tanam yang akan datang.

“Kita akan bantu petani dalam melakukan masa tanam kedua, diperkirakan bulan Juni mendatang hingga Desember dengan luas lahan 50 hektare,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, untuk lahan pertanian 132 hektar yang tadi disampaikan penggunaannya yaitu, 50 hektare untuk lahan sawah di tanami padi, 50 hektare untuk kandang ternak sapi dan 32 hektare untuk penanaman Palawija.

Dalam proses tanam kedua nanti, Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan akan membantu petani yang saat ini masih ada kendala di lapangan seperti Air irigasi, kurangnya peralatan alat maupun bibit dan pupuk.

“Apa yang terkendala di lapangan kepada petani nantinya kita akan bantu dan akan mencari solusinya,” sebutnya.

Penulis: Hariyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *