Bupati Terus Fokus Swasembada Pangan Anambas

ANAMBAS, – – Kabupaten Kepulauan Anambas yang saat ini masih berumur 11 Tahun dengan luas lautan 1,3 persen dari luas daratan yang terletak di daerah perbatasan terluar bahkan secara geografis Kabupaten Kepulauan Anambas berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga seperti negara Malaysia, Vietnam, Kamboja, Thailand, bahkan China.

Bupati Anambas Abdul Haris mengatakan, meskipun terletak di belahan perbatasan dunia, namun Kepulauan Anambas memiliki potensi dan kekayaan alam yang cukup luar biasa.

“Maka dari itu wajib kita syukuri karena Anambas sudah dianugerahkan alam yang indah dan tanah yang subur,” ucap Haris.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perikanan Pertanian dan Ketahanan Pangan akan lebih fokus di bidang pertanian dengan memperhatikan para petani agar lebih maju dan bersemangat dalam menggarap lahan pertaniannya.

“Harus didukung penuh para petani kita. Saya perintahkan Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Anambas untuk lebih intens membina para petani di Anambas”, Kamis (18/6/2020).

Diketahui, selama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yang dipimpin oleh Abdul Haris bersama Wan Zuhendra telah melaksanakan program kerja dengan tetap mendukung petani baik itu dari segi bidang infrastruktur, alat pertanian bahkan jaminan Kesehatan juga diberikan kepada petani.

” Selain petani, Jaminan kesehatan juga kita berikan kepada nelayan, buruh, tukang ojek, dan buruh jasa lainnya yang telah dijadikan peserta jaminan kecelakaan dan kematian melalui Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS),” terang Abdul Haris.

“Adapun tujuan kami itu adalah hanya ingin memberi kenyamanan dan keamanan untuk masyarakat Anambas. Mudah-mudahan dengan tersedianya BPJS untuk masyarakat tersebut bisa memberikan rasa aman bagi keluarga dalam menjalani kehidupan,” tambahnya.

Lebih lanjut Abdul Haris mengatakan, Pemerintah Daerah akan lebih fokus meningkatkan bidang pertanian dengan tujuan sebagai daerah pengsuplai beras dari hasil para petani Anambas sendiri hingga ke luar daerah. Pemerintah Daerah juga akan membantu memasarkan hasil pertanian tersebut hingga pengurusan hak patennya.

“Tahap awal minimal bisa mengsuplai bagi warga Anambas. Tentu itu akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian bagi para petani anambas,” kata Abdul Haris.

Penulis: Hariyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *