Disidik Lingga Awal Juni 2020 Akan Mulai Membuka Belajar Mengajar Kembali

LINGGA, – – Kabupaten Lingga Kegiatan belajar mengajar di sekolah mulai diberlakukan pada tanggal 2 Juni 2020 mendatang menyusul kebijakan New Normal yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, Junaidi Adjam mengatakan Corona Virus Disease (Covid-19) sukar untuk dihilangkan dan pemberlakuan New Normal oleh Pemerintah Daerah menyusul kebijakan pusat, mau tidak mau satuan pendidikan sekalipun harus beraktifitas seperti semula.

“Saat rapat terbatas yang diselenggarakan Korwil Pendidikan Lingga dan Lingga Timur bersama dengan Kepala Sekolah SD dan SMP di Aula SMPN 1 Lingga, Jum’at (29/05/2020). Diberikan waktu selama satu minggu Kepala Sekolah dan guru untuk menyiapkan segala persiapan dalam proses belajar mengajar nanti, sekaligus sterilisasi sekolah,” kata dia.

Junaidi menegaskan, proses belajar mengajar tersebut akan tetap mengacu pada protokol kesehatan yang ada dan sekolah diminta untuk mempedomani panduan New Normal, seperti proses skrining kesehatan guru dan karyawan sekolah, cek kondisi siswa, posisi duduk yang berjarak minimal satu setengah meter, wajib penggunaan masker dan handsanitizer.

Pada tanggal 8 – 27 Juni kegiatan di sekolah akan berjalan sesuai agenda yang telah ditetapkan dalam kelender pendidikan di Tahun Pelajaran 2019/2020. Seluruh siswa belajar seperti biasa. Namun, jam pelajaran akan dikurangi dan meniadakan jam istirahat siswa.

“Sesuai surat edaran yang telah disebarkan keseluruh satuan pendidikan, pada satuan pendidikan yang kelasnya lebih dari 15 untuk SD dan 16 untuk SMP dibagi menjadi 2 rombel dengan proses belajar mengajar bergantian setiap hari. Sedangkan pada kelas yang jumlah siswanya sedikit, tetap melaksanakan kegiatan seperti biasa,” tungkas Junaidi.

Maka dari itu, demi meningkatkan dan menstabilkan pendidikan di Kabupaten Lingga dia berharap tiap satuan pendidikan juga siap menempuh masa belajar New Normal ini. Menata kembali dunia pendidikan, terutama dalam membentuk karakter dan disiplin siswa.

Laporan: Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *