Jumadi: Penerapan Blocking Area di Lingga Cukup Efektif Cegah Corona

LINGGA– Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga tetap memberlakukan Blocking Area guna untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di Bumi Bunda tanah Melayu. Hal itu dikemukakan Kabag Kominfo dan Humas Pemkab Lingga Jumadi, Sabtu (9/5/20).

Menurut Jumadi, bagi masyarakat yang saat ini berada di perantauan diminta untuk tetap tidak mudik seperti yang di anjurkan oleh Perintah Pusat dan maklumat Kapolri.

Jumadi menambahkan, berdasarkan hasil rapat yang dipimpin oleh Bupati Lingga yang dihadiri, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Komandan Lanal Dabo Singkep, Kepala Kejaksaan Negeri Lingga, Komandan Koramil dan sejumlah forkominda sudah sangat jelas bahwa Kabupaten Lingga menerapkan blocking area bukan lockdown yang artinya Pemerintah Daerah tetap membuka sejumlah jalur transortasi untuk sembako dan barang namun tidak untuk penumpang.

“Saya kira sudah jelas berbedaan antara blocking Area dengan lockdown dan yang dilakukan oleh Pemeritah Kabupaten Lingga sudah tepat hal ini dapat di lihat dari jumlah ODP yang semakin hari-semakin berkurang dan bisa di tekan, selain itu berkat kerjasama semua pihak hingga saat ini kita tidak menemukan DPD Covid-19 di Kabupaten Lingga,’’ terang Jumadi.

Selain itu, lanjut Jumadi terkait dengan adanya masyarakat yang datang ke Kabupaten Lingga dengan mengunakan kapal penumpang carteran atau mungkin dengan kapal ilegal.

“Sebab di berangkatkan dari pelabuhan-pelabuhan yang tidak resmi dengan tujuan pelabuhan yang tidak resmi juha. Ada keterbatasan kita untuk melakukan pemantuan sebab Lingga cukup banyak Pulau dan sangat luas, namun apabila mendapatkan informasi tersebut Tim Gugus yang terdiri dari Tim Kesehatan, TNI dan Polri pasti akan langsung melakukan pemantuan, pendampinggan dan pendataan bahkan mungkin sampai pada tindakan tegas,” katanya.

Penulis: Agus
Editor: Taufik. K

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *