Hukrim  

Polres Natuna Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

NATUNA, – – Polres Natuna gelar apel pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Daerah perbatasan Kabupaten Natuna. Apel tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K, sebagai Inspektur upacara, Apel tersebut dilaksanakan di Mapolres Natuna, Rabu (11/12/2019) pagi.

Dalam amanat Kapolda Kepri, Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K dibacakan Kapolres Natuna menuturkan, pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI-Polri, BNPB, Basarnas dan instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana.

Kapolda Kepri menegaskan Kepulauan Riau merupakan daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, laka laut dan lain sebagainya, maka dari itu sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

Ia mengharapkan kepada seluruh Stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana, agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat Kelurahan hingga Provinsi, meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana, paparnya.

“Dalam penanggulangan bencana, tentunya sangat diperlukan edukasi tentang Penanggulangan bencana kepada masyarakat. Sehingga dapat menciptakan Masyarakat yang Tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi”, ucap Kapolda.

Selain itu, Kapolda juga menekankan dimana upaya tersebut menjadi tanggung jawab kita semua, Pengintegrasian setiap Stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana.

Penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan peraturan yang ada

Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan penanggulangan bencana.Meningkatkan kualitas data, informasi dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Berikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana”, jelas Kapolda.

Usai kegiatan apel Kapolres Natuna melakukan pemeriksaan Pasukan dan peninjauan Ranmor dan Peralatan didampingi Asisten I Plt, Hendra Kesuma, Wakil Ketua II DPRD, FKPD, SAR Natuna, serta para OPD, dan para tokoh masyarakat.

Laporan: Zubadri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *