Indeks

ATR BPN Pastikan Target 4400 Sertifikat Tanah Gratis Selesai Diakhir Tahun 2018

LINGGA, – Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Kabupaten Lingga pastikan target 4400 sertifikat tanah akan selesai diakhir tahun 2018.

Kasubsi Penetapan hak dan pemberdayaan tanah masyarakat, Surya Wahyu Wardhani mengatakan, saat ini lebih kurang 2000 sertifikat masyarakat yang sudah Siap dipeta bidangkan, lebih kurang 50 % lagi akan rampung diakhir tahun. 

Lebih jauh katanya, sertifikat yang sudah siap ini belum diserahkan kepada pemilik, penyerahaan akan dilakukan setelah sertifikat selesai semua.

“Untuk teknis penyerahan, kalau mengikuti tahun lalu, BPN akan menyerahkan secara simbolis di Kota Batam melalui menteri Agraria. Tapi untuk tahun ini ATR BPN akan menunggu Intruksi dari pusat,” ujar Surya, Senin (09/07/2018) diruang kerjanya.

Dikatakannya, program pelayanan sertifikat secara gratis kepada masyarakat tahun ini dinamakan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Saat ini udah selesai di Kecamatan Dabo Singkep dan Kelurahan sungai lumpur, namun belum di Tanjung Harapan.

“Kalau kouta sudah memenuhi Target 4400. Insya Allah tahun Depan akan dilanjutkan kembali untuk wilayah yang belum disertifikatkan. Satu diantaranya kecamatan Senayang Desa Rejai. Yang sudah masuk dalam data pengukuran ATR BPN,” ujarnya.

Selain itu, persoalan kendala dilapangan juga dipastikan ada. Seperti, patok batas yang mana masih banyak belum terpasang dari pemohon disebabkan administrsi surat masih belum banyak yang lengkap.

”Berharap agar proses pengukurangan berjalan lancar dan masyarakat ikut berpartisifasi dalam melengkapi segala dokumen Administrsi dan kelengkapan yang diminta ATR BPN sesuai prosedur,” tutupnya.

Laporan : Agus Salim

Exit mobile version