Respons Prediksi BMKG, PDAM Daik Lingga Imbau Pelanggan Hemat Air

LINGGA, – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Daik Lingga mengimbau semua pelanggannya untuk melakukan penghematan ari selama musim kemarau. Misalnya dengan cara menampung di bak atau drum.

“Sekarang kita tahu debit air menyusut. Kita minta pelanggan dapatlah untuk berhemat, kalau dapat gunakan air seperlunya. Karena prediksi BMKG juga katanya awal Maret baru turun hujan,” ungkap Kepala Cabang PDAM Daik Lingga, Hidayat, Selasa (20/2/2018).

PDAM, dikatakan Hidayat sudah melakukan berbagai langkah agar penyaluran air ke rumah-rumah warga (pelanggan) tetap berjalan semestinya meski tidak seperti biasanya.

Yakni, seperti memberlakukan sistem buka tutup atau jadwal bergiliran selama debit air masih cukup untuk disalurkan. Kemudian melakukan penampalan terhadap bak di DAM penampungan PDAM karena mengalami kebocoran.

Selain buka tutup, PDAM juga menggunakan mesin sedot air untuk mercepat penyaluran. Penyedotan sudah berlangsung sekitar satu bulan yang lalu.

Ini dilakukan, karena penyaluran dari PDAM masih menggunakan daya gravitasi terjangan air dan tinggi wilayah sumber mata air yang berada di salah satu kaki Gunung Daik.

Ketika musim kekeringan seperti sekarang, terjangan air tidak begitu kuat. Sehingga penyaluran sering tersendat.

“Terkait ketersedian apakah air kita mencukupi atau tidak, saya tidak bisa pastikan bertahan berapa lama. Yang jelas, apa yang masih ada sebisa mungkin disalurkan,” ujarnya.

Laporan: Agus Salim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *