Indeks

Hujan Lebat dan Angin Kencang Berpotensi Landa Tanjungpinang-Bintan Hari Ini

Peringatan dini cuaca oleh BMKG.

TANJUNGPINANG, Radarsatu.com – Hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang tengah melanda beberapa wilayah di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Berdasarkan prakiraan dari BMKG, kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 03.00 WIB.

Prakirawan cuaca BMKG, Arifah Dwi Yuliani, menyatakan bahwa hingga saat ini, angin dengan kecepatan 20 knot atau sekitar 37 km/jam terpantau di Stasiun Meteorologi Raja Haji Fisabilillah.

“Kami mengamati adanya pembentukan awan kumulonimbus di sekitar wilayah Tanjungpinang dan Bintan, yang dapat memicu hujan lebat disertai angin kencang serta petir,” ujar Arifah.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap waspada, khususnya terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Daerah-daerah yang rawan banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang diimbau agar siaga menghadapi dampak dari cuaca ekstrem ini. Selain itu, hujan deras yang terjadi dapat mengakibatkan jalanan licin dan berkurangnya jarak pandang, sehingga masyarakat diminta untuk berhati-hati saat berkendara.

“Potensi pembentukan awan cumulonimbus (CB) dapat menyebabkan hujan ringan hingga sedang dengan disertai angin kencang yang bersifat lokal. Masyarakat di wilayah rentan bencana harus tetap waspada,” tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan BMKG masih terus memantau perkembangan cuaca di wilayah Tanjungpinang dan Bintan.

Exit mobile version