Indeks

Sempena HUT ke 22 Provinsi Kepri, RSUD RAT Persembahkan Layanan Operasi By Pass Jantung dan Sistem Syaraf

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin foto bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran usai meresmikan layanan operasi bypas dan sistem syaraf pada Ahad (15/ 09) siang, di RSUD RAT Tanjungpinang. (Foto; Okta)

TANJUNGPINANG, Radarsatu.com – Menyambut Hari Ulang Tahun ke 22 Tahun Provinsi Kepri, Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib (RSUD RAT) mempersembahkan kado istimewa bagi masyarakat Kepulauan Riau, berupa layanan operasi by pass dan sistem syaraf. Peresmian layanan tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin pada Ahad (15/ 09) siang, di RSUD RAT Tanjungpinang.

Menteri Kesehatan (Menkes-RI) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, keberhasilan RSUD RAT Tanjungpinang, dalam melakukan operasi perdana bedah pintas arteri koroner (By Pass), sebagai bagian dari upaya Kemenkes RI dalam mempercepat pemerataan layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Kepulauan Riau adalah Provinsi ke 22 yang melakukan bedah pintas arteri, program ini telah dimulai sejak tahun 2022 lalu,” ungkap Menkes Budi.

Menkes juga menambahkan, dengan adanya layanan dan perawatan kesehatan ini, masyarakat Kepri tidak perlu lagi jauh jauh ke Jakarta. “Semoga masyarakat tetap sehat-sehat saja ya,” ujarnya usai kegiatan peresmian.

Sementara itu Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan yang telah memberikan perhatian khusus kepada Provinsi Kepri.

“Bayangkan jumlah pulau di Kepri sebanyak 2.408 Pulau dan yang berpenghuni sebanyak 395 pulau, 22 pulau berada terdepan berbatasan dengan negara Asean hingga China, makanya pelayanan kesehatan perlu mendapatkan perhatian,” tegas Ansar.

Ansar juga menambahkan, bahwa kesehatan menjadi salah satu tugas wajib mandatori, pada tahun 2024 ini lebih 12 persen alokasi APBD untuk penanganan kesehatan, tidak hanya di RSUD RAT saja, namun juga di Kabupaten/ Kota,” jelasnya.

Ditempat yang sama, dr Andrew Parlautan, selaku Dokter Spesialis Jantung RSUD RAT Tanjungpinang, mengatakan Kunjungan Kerja Menkes RI yang membawa serta rombongan tim protoctoring Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) dan Neuro Intervensi Protoctoring Neurointervensi Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Jakarta itu di Tanjungpinang, yakni dalam rangka seremonial operasi perdana bedah pintas arteri koroner (by pass) dan.

“Operasi itu sudah dua kali dilakukan pada, Jum’at dan Sabtu kemarin operasinya,” kata dr Andrew.

Exit mobile version