Indeks

BMKG: Cuaca di Tanjungpinang Tiga Hari ke Depan Berawan dan Berpotensi Hujan Lokal

Prakirawan Cuaca BMKG, Arifah Dwi Yulian. (Foto: Yuki)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Cuaca di wilayah Kota Tanjungpinang diprakirakan akan berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang selama tiga hari ke depan, terutama pada pagi dan siang hari. Hujan yang turun bersifat lokal dan tidak merata, sehingga beberapa wilayah mungkin tidak akan mengalami curah hujan yang sama.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi suhu udara di kedua wilayah ini akan berkisar antara 24 hingga 32 derajat Celsius, dengan tingkat kelembapan mencapai 60 hingga 95 persen. Angin diperkirakan bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 5 hingga 30 km/jam.

“Peningkatan potensi hujan di Tanjungpinang dan Bintan ini dipengaruhi oleh fenomena atmosfer yang dikenal sebagai MJO (Madden-Julian Oscillation) yang saat ini berada di fase 4. Fase ini berkontribusi pada pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, termasuk Kepulauan Riau,” ujar, Prakirawan Cuaca BMKG, Arifah Dwi Yuliani, Kamis (05/09).

Selain itu, daerah belokan angin atau shearline juga terpantau di sekitar Kepulauan Riau.

“Hal ini menyebabkan perlambatan massa udara dan memicu pertumbuhan awan konvektif yang menghasilkan hujan di wilayah tersebut, termasuk Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan,” tambahnya

“Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, terutama bagi yang beraktivitas di luar ruangan, dan selalu memantau informasi cuaca terkini dari BMKG,” pungkasnya.

Exit mobile version