Indeks

Antrian Penumpang di Pelabuhan SBP, PT. MKP: Bukan Akibat Penerapan Tiket Elektronik

Penumpang saat mengantri membeli tiket kapal feri di konter Pelabuhan SBP Tanjungpinang pada hari Senin (19/8/2024). (Foto: Ist)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Terjadinya antrian panjang penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang pada hari Minggu (18/8/2024) bukan di karenakan penerapan tiket elektronik kepada calon penumpang.

Terjadinya antrian panjang penumpang di karenakan kapal feri yang akan berangkat dari pelabuhan SBP Tanjungpinang tujuan pelabuhan Telaga Punggur Batam belum tiba di pelabuhan SBP Tanjungpinang.

Hal tersebut dikatakan Branch Manager PT. MKP, Rizal Fauzi saat dikonfirmasi terkait beredarnya informasi antrian panjang penumpang di pelabuhan SBP Tanjungpinang pada hari Minggu sore diakibatkan penerapan tiket elektronik.

“Perlu saya sampaikan dan klarifikasi terkait berita kericuhan akibat pergantian sistem e-tiket di pelabuhan SBP Tanjungpinang tidak benar,” ujar Rizal Fauzi.

Rizal Fauzi mengatakan antrian panjang penumpang yang terlihat pada foto yang beredar terjadi bukan pada hari Senin pagi, melainkan kejadian pada hari Minggu tanggal 18 Agustus 2024.

Ditambahkan Rizal Fauzi, antrian panjang penumpang itu juga bukan karena pergantian sistem e-tiket, tapi disebabkan operasional pihak pengelola kapal.

Antrian penumpang di pelabuhan SBP Tanjungpinang pada hari Minggu (18/8/2024) sore bukan diakibatkan penerapan tiket elektronik, tapi jadwal kapal feri tujuan Telaga Punggur Batam yang belum datang.

“Antrian penumpang itu karena kapal dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam belum tiba di pelabuhan SBP Tanjungpinang, sehingga terjadi kekosongan kapal,” ujarnya.

Rizal Fauzi menjelaskan tidak ada penumpukan antrian dengan berlakunya integrasi pass Pelabuhan dengan tiket kapal. Pelayanan para Agen Pelabuhan cepat dalam input data Penumpang.

Pembelian tiket secara mandiri melalui Selfkiosk sudah dapat dilakukan oleh penumpang, dan proses validasi tiket terpantau lancar melalui turnstile yang disediakan

Hal yang sama juga dikatakan salah seorang agen kapal feri yang membenarkan antrian penumpang yang terjadi pada hari Minggu sore bukan diakibatkan penerapan tiket elektronik.

“Kalau hari libur memang sering terjadi antrian penumpang, terutama pada hari Minggu. Hal tersebut dikarenakan jadwal kapal rentang waktunya panjang, sementara penumpang yang mau berangkat ramai. Otomatis terjadi antrian, tapi tidak lama. Kapal datang penumpang langsung berangkat,” ujarnya.

Exit mobile version