Yayasan Darul Mukmin Sumbang 24 Kantong Darah Untuk PMI Karimun

Yayasan Darul Mukmin menggelar kegiatan donor darah di Klinik Yayasan Darul Mukmin. (Foto: Riandi/Radarsatu).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Yayasan Darul Mukmin menggelar kegiatan donor darah di Klinik Yayasan Darul Mukmin, Kamis (15/8/2024) kemarin.

Ketua Panitia, Trisandro mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 tahun 2024. Dari 36 orang yang ikut mendaftar, panitia berhasil mengumpulkan 24 kantong darah

“Dari 36 yang ikut mendaftar, yang lolos screening hanya 24 orang. Sisanya karena terdapat kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan donor darah,” ujar Trisandro.

Trisandro menjelaskan, tujuan dari donor darah yang digelar Yayasan Darul Mukmin, untuk membantu masyarakat Kabupaten Karimun yang membutuhkan darah.

Saat ini ketersediaan darah masih sangat minim, sehingga pasien yang dirawat di rumah sakit terpaksa mencari sendiri relawan pendonor, sesuai golongan darah dengan jumlah kantong yang diperlukan.

Baca Juga :  PT Pelni Batam Buka Layanan Mudik Gratis dengan Kapal KM Kelud

“Masyarakat terpaksa mencari pendonor untuk memenuhi keperluan darah pasien yang dirawat di rumah sakit, karena stok darah di Palam Merah Indonesia (PMI) tidak mencukupi bahkan terkadang tidak tersedia. Maka dari itu, mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu masyarakat,” jelasnya.

Trisandro menilai momen kegiatannya sangat pas dengan peringatan HUT RI ke 79 tahun, sebagai bentuk aksi kemanusiaan yang dilaksanakan Yayasan Darul Mukmin bagi masyarakat di Kabupaten Karimun.

Saat bincang-bincang santai bersama tim medis dari PMI, yang turut membantu dalam kegiatan tersebut, bahwa 24 kantong darah yang berhasil terkumpul cukup untuk persediaan dalam dua hari.

Baca Juga :  Dugaan Skincare Ilegal: TRC Klarifikasi Mangkir Panggilan Loka POM Tanjungpinang 

“Bahkan dari PMI tadi sangat mengapresiasi agenda yang kita lakukan hari ini, karena ada lembaga pendidikan yang membuat kegiatan donor darah, dan ini merupakan lembaga pendidikan yang kedua melaksanakan donor darah, sebelumnya ada satu sekolah swasta juga,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Trisandro juga menyebutkan bahwa PMI mengaku Yayasan Darul Mukmin satu-satunya lembaga pendidikan yang berinisiatif membuat kartu donor darah, sehingga penyelenggara tidak lagi meminta kartu kepada PMI, namun sudah dibuat atas nama Yayasan Darul Mukmin bersama PMI.

Donor darah yang dilaksanakan Yayasan Darul Mukmin melibatkan para karyawan di semua unit, wali murid, serta Kodim 0317 Tanjungbalai Karimun yang mengutus personelnya untuk mendonorkan darah, dan semuanya lolos screening kesehatan.

Baca Juga :  Partai Hanura Dukung Lis Darmasyah-Raja Ariza Maju Pilkada Tanjungpianang

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, dalam membantu kegiatan donor darah Yayasan Darul Mukmin. Setetes darah yang kita berikan sangat berharga, karena membantu menyelamatkan nyawa masyarkat,” tambahnya.

Penulis: HaryonoEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *