Rudi-Aunur atau Rudi-Suryani Dinilai Jadi Tantangan Pasangan Ayang untuk Pilkada Kepri 2024

Pengamat Sosiolog Politik, Suyito. (Foto: dok. Suyito)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Pengamat Sosiolog Politik, Suyito menilai, Muhammad Rudi bakal menjadi tantangan bagi pasangan Ansar Ahmad dan Nyanyang Haris Pratamura (Ayang) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepulauan Riau (Kepri) 2024.

Hal itu terlepas siapapun pasangan Wali Kota Batam itu saat ini, baik Rudi-Aunur Rafiq atau Rudi-Suryani.

Menurutnya, pilkada nanti akan sangat kompetitif jika berhadapan dengan pasangan Ayang.

“Saat ini, saya melihat Pilkada Kepri akan ada dua poros selain Ansar-Nyanyang yang sudah 99 persen maju. Ada Pak Rudi politisi NasDem,” katanya, Rabu (07/08).

Baca Juga :  Instrumen UKBI Adaptif Merdeka Diuji Coba di Kepri

“Jika melihat dan membaca informasi yang beredar akhir-akhir ini, ada nama Rudi-Aunur dan atau Rudi-Suryani. Dari berbagai informasi media siber, kedua opsi ini saya nilai sangat kompetitif melawan Calon Petahana Pak Ansar,” jelas Suyito.

Suyito menyebut, Rudi memiliki daya magnet tersendiri bagi warga Batam yang merupakan penduduk atau pemilih terbesar di Kepri.

Selain itu, jika disandingkan dengan Aunur Rafiq yang merupakan Bupati Karimun dua periode, tentu akan menambah kekuatan Rudi.

“Fakta historisnya, kepala daerah Batam dan Karimun bisa memberikan efek elektoral luar biasa seperti zaman Pak Ismeth dan Almarhum Ayah Sani,” tambahnya.

Baca Juga :  Hindari Kendaraan Belok Mendadak, Mobil Box di Tanjungpinang Terbalik

Lebih lanjut, Suyito menyebutkan, jika Rudi bergandengan dengan Ibu Suryani juga akan memberikan kekuatan elektoral yang tidak bisa dianggap remeh.

“Suryani punya kekuatan elektoral yang pasti ketika Pileg 2024. Seperti yang digadang-gadangkan PKS, Suryani dijodohkan dengan Pak Rudi ini juga punya kekuatan elektoral yang tidak bisa dianggap remeh,” ucapnya.

“Saya sudah cek hasil Pemilu, Suryani punya kekuatan elektoral riil 72 ribuan dan menjadi magnet juga untuk pemilih perempuan,” lanjut Suyito.

Menurutya, dari sisi gender, ada kecenderungan perempuan bakal memilih perempuan.

Baca Juga :  Datangkan Marina Markova, Jakarta Electric PLN Perkuat Lini Serang

Maka ia menilai Rudi-Aunur Rafiq atau Rudi-Suryani ini sangat kompetitif jika nanti dapat tiket atau perahu politik jelang pendaftaran 27 Agustus mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *