Indeks

Program Gubernur Ansar Gratiskan SPP Untuk Anak-Anak SMA/SMK dan SLB Terealisasi

Pada tahun ajaran 2024-2025, Gubernur Kepri Ansar Ahmad merealisasikan janji ya menggratiskan pendidikan tingkat SMA dan SMK Negeri. (Foto2: Diskominfo Kepri)

KEPRI, RADARSATU.COM – Kebijakan Pemerintah Provinsi Kepri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepri melalui penggratisan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bagi seluruh siswa di tingkat SMA/SMK dan SLB negeri di Provinsi Kepri akhirnya terealisasi di tahun ajaran baru 2024-2025 ini.

Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad mengatakan dalam setiap kesempatan bahwa kebijakan pemberian SPP gratis yang dilakukan pemerintah Provinsi Kepri untuk siswa di tingkat SMA/SMK dan SLB Negri se Provinsi Kepri ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan akses pendidikan yang ada di Provinsi Kepri.

“Kita berharap dengan SPP Gratis ini dapat mengurangi beban orang tua siswa dan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk seluruh elemen masyarakat,” Kata Ansar.

Melalui program SPP Gratis ini juga, lanjut Ansar merupakan komitmen Pemerintah Provinsi Kepri meningkatkan kualitas pembangunan di sektor pendidikan di Provinsi Kepri.

“Pondasi dari upaya membangun daerah ini adalah terwujudnya SDM yang unggul. Makanya berbagai upaya untuk mewujudkan itu kita lakukan, salah satunya dengan pemberian SPP gratis ini,” kata Ansar, Minggu (21/7).

Terkait pemberian SPP gratis ini, secara teknis Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri H. Andi Agung menjelaskan jika hal ini sudah dimulai per Juli 2024 ini untuk tahun ajaran 2024-2025.

“Alhamdulillah, untuk program SPP Gratis bagi siswa SMA/SMK dan SLB Negeri di Provinsi Kepri sudah kita mulai tahun ajaran baru 2024-2025 di Juli 2024 ini,” kata Andi Agung.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berdialog dengan pelajar SMA.

Dikatakan Andi Agung, program SPP gratis ini merupakan salah satu komitmen Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad dalam upaya meningkatkan kualitas dan akses pendidikan di Provinsi Kepri.

“Program ini diberikan melalui dana BOSDA yakni Bantuan Operasional Sekolah Daerah yang berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) pelaksanaan dari Pergub yang telah disetujui Gubernur Kepri,” jelas Andi.

Dilanjutkan Andi, biaya SPP yang sebelumnya dikelola sekolah itu pada dasarnya di gunakan untuk pembayaran biaya-biaya operasi sekolah dan juga penggajian beberapa petugas dan honorer komite sekolah.

“Dengan program SPP gratis yang diberikan melalui dana BOSDA ini. Nantinya, biaya-biaya operasional yang sebelumnya di keluarkan bersumber dari biaya SPP sekolah tersebut akan menjadi tanggungjawab dan kewenangan pemerintah daerah dalam hal ini Provinsi Kepri,” jelas Andi Agung.

Disampaikan Andi Agung sebagai awal untuk tahun 2024 ini, Pemerintah Provinsi Kepri mengeluarkan anggaran lebih kurang sebesar Rp 40 miliar untuk program SPP Gratis untuk periode Juli hingga Desember 2024.

“Ini akan dilanjutkan kembali dengan anggaran pada APBD 2025 mendatang dengan beberapa penambahan dana BOSDA,” kata Agung.

Menurut Agung, pihaknya hingga saat ini masih menghitung total berapa anggaran pastinya untuk dana BOSDA tahu 2025 ini. Pasalnya, pihaknya masih terus menghitung penambahan jumlah honorer komite sekolah dan PTK Non ASN yang juga masuk kedalam dana BOSDA ini.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan beasiswa kepada pelajar SMA.

“Saat ini di Provinsi Kepri terdapat 952 orang honor komite sekolah dan 2437 orang PTK Non ASN di tingkat SMA/SMK dan SLB dari 7 kabupaten kota di Provinsi Kepri,” jelas Agung.

Meskipun begitu, lanjut Andi Agung pihaknya memastikan bahwa pemerintah Provinsi Kepri akan terus berupaya untuk memastikan angka yang pasti dan tepat sasaran dalam menganggarkan dana BOSDA yang menjadi sumber SPP gratis ini.

“Kami harapkan dengan adanya program dan kebijakan pemerintah Provinsi Kepri untuk SPP gratis ini dapat meningkatkan partisipasi dan semangat belajar siswa khususnya di tingkat SMA/SMK dan SLB di lingkungan Provinsi Kepri untuk tetap sekolah,” tegas Andi Agung.

Andi Agung juga menambahkan selain pemberian SPP gratis ini, Pemerintah Provinsi Kepri juga memberikan bantuan seragam sekolah gratis kepada seluruh siswa baru SMA/SMK dan SLB Negeri di Provinsi Kepri.

“Untuk bantuan seragam sekolah gratis kita sudah anggarkan dari APBD tahun 2024 lalu, yang mana nantinya seluruh siswa baru akan mendapatkan dua pasang seragam sekolah gratis yakni seragam OSIS (putih abu-abu) dan seragam Pramuka,” jelas Andi Agung.

Andi Agung juga mengatakan bahwa secara langsung Gubernur Provinsi Kepri H Ansar Ahmad telah memberikan atau menyalurkan program SPP gratis ini pada kunjungan kerja nya ke Kabupaten Lingga beberapa waktu lalu.

“Untuk simbolis, sudah pak Gubernur salurkan bantuan program SPP gratis ini secara langsung pada kunjungan kerjanya ke Kabupaten Lingga kemarin, namun di setiap satuan pendidikan lainnya di Provinsi Kepri akan kita luncurkan pada rakor yang akan dilaksanakan Dinas Pendidikan mendatang, ” jelas Andi Agung kembali.(Adv)

Exit mobile version