Indeks

Sempena HBA ke-64, Kejati Kepri Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kajati Kepri Teguh Subroto, SH, MH saat mengecek kesehatan untuk melakukan donor darah dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhiyaksa ke 64. (Foto: Penkum Kejati Kepri)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Sufari, S.H., M.Hum., bersama jajaran Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau mengikuti kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Aula Sasana Baharuddin Lopa Kejati Kepri, Selasa (16/07/2024).

Kasi Penkum Kejati Kepri, Denny Anteng Prakoso, S.H., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis ini dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan HUT IAD ke-XXIV Tahun 2024 di Aula Sasana Baharudin Lopa.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau dan RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau, diikuti seluruh pegawai dan tenaga honorer pada Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, masyarakat dan beberapa anggota dari Polres Tanjungpinang yang sengaja hadir mengikuti kegiatan hari ini.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Sufari, S.H., M.Hum., menyampaikan Kejati Kepri dalam menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan HUT IAD ke-XXIV Tahun 2024 dapat dimaknai kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan wujud nyata kepedulian Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau yang secara sukarela terhadap orang-orang yang membutuhkan donor darah dan memberikan sumbangan kebutuhan darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Riau dan memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang datang hari ini.

Kegiatan ini dinilai baik serta menyehatkan, selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat karena dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh seperti dapat mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan, dan membantu meningkatkan produksi darah merah.

Namun sebelum melakukan donor darah, calon pendonor akan dilakukan seragkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas kesehatan, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb) sesuai standar yang ditetapkan.

Tidak kalah penting sebelum melakukan donor darah, dapat dipastikan terlebih dahulu asupan gizi dalam tubuh terutama zat besi telah terpenuhi, istirahat yang cukup, serta minum air yang cukup agar tubuh dalam keadaan prima dan siap melakukan donor. Tidak kalah penting sebelum melakukan donor darah, dapat dipastikan terlebih dahulu asupan gizi dalam tubuh.

Momen yang sangat baik dan bermanfaat  untuk kita ikuti dalam membantu saudara kita yang membutuhkan, diharapkan dengan adanya kegiatan donor darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis ini seluruh pegawai di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau dan masyarakat akan lebih peduli akan kesehatan, peduli dengan sesama dan semangat untuk menjadi Insan Adhyaksa yang Prima. Inilah merupakan wujud semangat Insan Adhyaksa dalam Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 dan HUT IAD ke-XXIV Tahun 2024.

Exit mobile version