Indeks

Proses Coklit Dimulai, Pantarlih di Tanjungpinang Datangi Rumah Pejabat Daerah

Sekda Tanjungpinang, Zulhidayat menyambut kedatangan petugas Pantarlih yang mendata dirinya dan keluarga. (Foto2: Okta)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) jajaran KPU Kota Tanjungpinang turun melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data masyarakat.

Kali ini pantarlih mendatangi rumah Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Novaliandri Fatir pada Senin (24/6) pagi di jalan Punai, Kelurahan Batu IX, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Kedatangan tim yang didampingi Ketua KPU Tanjungpinang, M Faizal dan anggota KPU Tanjungpinang, Desi Liza Purba serta Susanti disambut pihak keluarga Fathir.

Dalam kesempatan itu hadir juga Ketua RT, Ketua PPS Batu IX, PPK Tanjungpinang Timur, Panwascam dan juga PKS jajaran dari Bawaslu Tanjungpinang. Sementara itu, Fatir selaku tuan rumah didampingi istri menerima rombongan.

Saat itu, mengawali pertemuan Tim Pantarlih meminta, Fatir memberikan KTP dan KK dimana hal Ini menjadi dasar pencocokan dan penelitian.

Setelah di cek, sesuai data Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) hasil sinkronisasi yang diberikan KPU RI ke KPU Tanjungpinang melalui KPU Kepri.

Fatir saat itu, meminta warga jangan ragu menerima kedatangan Pantarlih yang ditugaskan Negera melaksanakan Coklit.

“Kita dukung tahapan yang berjalan, saat ini Coklit. Saya berharap melalui coklit data tersebut menjadi rujukan yang digunakan untuk Daftar Pemilih Tetap sesuai mekanisme yang ada,” tuturnya.

Petugas Pantarlih KPU Tanjungpinang saat mendata Wakil Ketua I DPRD Tanjungpinang, Novaliandri Fatir dan keluarga.

Ia juga berpesan Pantarlih tetap semangat menjalankan tugas. Ada riak-riak maka komunikan ke RT dan juga pemerintah setempat selain jajaran KPU.

“Pesan saya, agar masyarakat menginformasikan data yang akurat. Jangan ada yang keliru,” ujarnya.

Senada hal itu, guna memastikan seluruh warga memiliki hak pilih. Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Faizal menuturkan, bahwa pantarlih bertugas selama satu bulan, yaitu 24 Juni sampai 25 Juli.

“Harapan kami, petugas tidak ditolak. Sebab tugas-tugasnya untuk mensukseskan Pilkada serentak, Rabu 27 November mendatang,” katanya.

Lebih lanjut Faizal mengatakan, coklit tersebut merupakan tahapan awal sebelum nantinya ke berlanjut ke DPT, menyusul pleno DPS dan DPSHP.

“Inilah dasar KPU Tanjungpinang melaksanakan pleno pemuktahiran data secara berjenjang,” tegas Faizal.

Selain itu, Muhammad Faizal juga meminta semua tokoh masyarakat, pemangku kepentingan dan lainnya turut serta mensukseskan Pilkada.

Sementara itu, di waktu yang sama, Tim Pantarlih turun ke rumah Sekda Tanjungpinang, Zulhidayat, kedatang tim disambut keluarga.

Dirinya menyampaikan, Pemko Tanjungpinang siap mendukung program pemerintah melalui KPU mensukseskan Pilkada.

“Terkait kendala di lapangan, jangan ragu disampaikan agar sama-sama mencari solusi,” tegas Zulhidayat.

“Saya pikir tidak ada persoalan yang tak bisa diselesaikan. Kita komunikasikan terus,” tandasnya.

Exit mobile version