Indeks

3.000 Pendaftar Antre Pasang Saluran PDAM di Tanjungpinang, Ada yang Sejak 2013

Kantor PDAM Tirta Kepri. (Foto: Robbin)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Antrean pemasangan saluran air minum di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) capai ribuan pendaftar.

Kasubag Umum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, Hindrayati mengungkapkan, antrean itu bahkan mencapai 3.000 pendaftar hingga Juni 2024.

“Sekarang waiting list-nya masih ada 3.000-an,” katanya.

Ia menjelaskan, antrean itu telah terjadi sejak beberapa tahun belakangan ini. Pihaknya masih berupaya menyelesaikannya satu persatu.

“Waiting terbaru kita kerjakan yang sejak 2013 per 10 pelanggan. Begitu cepat selesai langsung kita kerjakan,” ungkapnya.

Hindrayati melanjutkan, terdapat sejumlah kendala dalam pemasangan itu. Hal itu lah yang menyebabkan antrean panjang itu terjadi.

Terutama perihal ketersediaan sumber air baku yang saat ini berasal dari waduk Gesek dan Sungai Pulai. Semakin hari, debit air keduanya terus menurun.

“Kendalanya ketersediaan air baku, itu dulu. Orang banyak mau pasang kan harus ada air,” tuturnya.

Sedangkan secara keseluruhan jumlah pelanggan PDAM di Tanjungpinang berjumlah sekitar 20.000 ribu pelanggan.

Dalam pemasangan, PDAM juga mempertimbangkan sejumlah hal yakni ketersediaan air, jaringan yang telah tersedia, dan tekanan air yang memadai agar tak menganggu pelanggan yang sudah ada.

Exit mobile version