Indeks

Hasil Uji Kompetensi Wartawan di Batam: 16 Lulus, 5 Gagal

Penutupan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di PIH Kota Batam (Foto: Yuki Vegoeista)

BATAM, RADARSATU.COM – Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) oleh Kalala Institute di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH) Batam sejak 19 hingga 21 Juni 2024, berlangsung dengan lancar dan sukses.

Pendiri dan kepala lembaga pelatihan keterampilan Kalala Institute, Eza berharap, kegiatan ini dapat melahirkan wartawan berkualitas dan mampu memberikan informasi yang mencerdaskan bangsa.

“Semoga kegiatan ini membuat para wartawan semakin maju dan terus mengembangkan dirinya. Untuk yang belum lulus, jangan berkecil hati karena ke depannya akan ada kegiatan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri Andi menekankan, pentingnya integritas penguji dalam UKW yang ke-17 ini.

Menurutnya, UKW harus menjadikan wartawan menjadi lebih baik dalam kinerja jurnalistiknya.

“Hasil dari UKW kali ini menunjukkan bahwa 16 orang berhasil lulus, sementara 5 orang belum dinyatakan berhasil. Secara nasional, sudah ada 19.217 wartawan yang berhasil melalui uji kompetensi,” ucap Andi.

Zaini, Kepala Bidang Produktivitas dan Pelatihan Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, dalam sambutannya menjelaskan bahwa UKW ini merupakan bagian dari program Bimtek dan Sertifikasi Jurnalistik Paket A Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Tahun Anggaran 2024.

Menurutnya, peserta yang belum lulus kompeten memerlukan peningkatan kualitas keilmuan dan wawasan.

“Menjadi seorang wartawan bukan profesi biasa melainkan profesi luar biasa. Wartawan yang mampu menyebarkan informasi dapat membuat perubahan yang lebih baik,” ucap Zaini.

“Harapannya Disnaker dapat melaksanakan kegiatan UKW ini dengan lebih baik lagi di masa mendatang,” tutupnya.

Sofyan, salah satu peserta UKW mengungkapkan, kegiatan ini memberikan kesan mendalam dan kesempatan untuk mengikuti perkembangan media di Indonesia.

Ia berharap pemerintah memprioritaskan UKW, terutama bagi wartawan yang telah mengikuti UKW Muda.

“Saya berharap pemerintah memprioritaskan UKW. Terutama bagi wartawan yang sudah mengikuti UKW Muda,” tutur Sofyan.

Camelia, peserta lainnya, menyatakan bahwa melalui UKW ini, ia mendapatkan pengalaman baru untuk menjadi wartawan yang profesional.

“Melalui UKW ini, saya memahami bagaimana peran, tugas, fungsi, dan kinerja wartawan yang lebih baik,” katanya.

Exit mobile version