Jadi Khatib Sholat Idul Adha 1445 H, Gubernur Kepri Tekankan Pentingnya Sensitivitas Sosial

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad saat menjadi Khatib usai Sholat Idul Adha 1445 H/ 2024 M tingkat Provinsi Kepri di Lapangan Usman Harun (Masjid At-Thoriq), Kecamatan Sei Beduk Kota Batam, Senin (17/6/2024). (Foto2: Diskominfo Kepri)

KEPRI, RADARSATU.COM – Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H/ 2024 M tingkat Provinsi Kepri di Lapangan Usman Harun (Masjid At-Thoriq), Kecamatan Sei Beduk Kota Batam bersama ratusan masyarakat Kota Batam yang hadir sejak pukul enam pagi pada hari Senin (17/06).

Dalam momen yang sakral tersebut, Gubernur Ansar akan bertindak sebagai Khatib dan Ust. Duduy Sa’dullah, bertindak sebagai Imamnya

Mengawali khotbahnya, Gubernur Ansar mengajak masyarakat yang hadir untuk selalu bertakwa kepada Allah, karena takwa merupakan sebagai salah satu bentuk taat kepada Allah SWT sebagai seorang hamba.

“Marilah kita sebagai umat muslim untuk sama-sama meningkatkan amal ibadah dan takwa kita, karena ketakwaan adalah salah satu ciri kita sebagai umat yang taat kepada Allah SWT” ujarnya.

Dalam khotbahnya, Gubernur Ansar menyoroti dimensi sosial dari ibadah kurban. Ia menekankan pentingnya sensitivitas sosial dan kesadaran terhadap masalah-masalah mendasar dalam kehidupan, seperti kemiskinan dan ketidakmampuan. Ia mengajak umat Muslim untuk menjadikan ibadah kurban sebagai manifestasi konkret dari kepekaan sosial dan kasih sayang terhadap sesama.

“Kita harus meninggalkan dan menjauhkan semua keburukan yang ada di hati kita, karena jika kita memeliharanya, hal itu akan melahirkan kesombongan dan keangkuhan. Pemotongan hewan kurban merupakan simbol pengorbanan kita untuk membuang jauh sifat-sifat yang tidak terpuji. Inti dari ibadah kurban adalah ketulusan dalam ketaatan, pengabdian, dan cinta hamba kepada Allah SWT,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad Sholat Idul Adha 1445 H/ 2024 M di Masjid Masjid At-Thoriq, Kecamatan Sei Beduk Kota Batam.

Selain itu, Gubernur Ansar Ahmad juga mengingatkan tentang sosok Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, dan Siti Hajar. Ia mengambil contoh pengorbanan dan keikhlasan mereka dalam menjalankan perintah Allah SWT, sebagai teladan bagi ummat muslim dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT dan menjadi panutan yang pantas bagi anak muda dalam menjalani hidup.

Gubernur Ansar Ahmad mengakhiri khotbahnya dengan mengajak seluruh jamaah untuk merenungkan nilai-nilai aqidah Islamiyah, moral, dan akhlak yang harus ditegakkan.

“Dengan semangat berkurban, momentum Idul Adha ini dapat menjadi kesempatan bagi setiap individu untuk memberikan kontribusi yang lebih besar sesuai dengan profesi dan statusnya, dalam menjadi hamba-hamba yang terbaik di hadapan Allah SWT,”  tutup Gubernur Ansar.

Sholat Idul Adha yang dilaksanakan di Lapangan Usman Harun (Masjid At-Thoriq) dihadiri oleh banyak umat Muslim dari berbagai lapisan masyarakat, diantaranya Ketua TP-PKK Kepri, Tim Percepatan Pembangunan Kepri, jajaran Pimpinan OPD Kepri, para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta masyarakat umum jamaah Masjid At-Thoriq Kecamatan Sei Beduk Kota Batam.

Penyerahan Hewan Kurban Gubernur

Seusai melaksanakan Sholat Idul Adha bersama masyarakat, Gubernur Ansar turut menyerahkan bantuan satu ekor sapi kepada Pengurus Masjid At-Thoriq sekaligus menyaksikan penyembelihan sapinya, sapi yang diberikan kepada pengurus masjid At-Thoriq merupakan satu dari puluhan sapi yang sudah dibagikan Gubernur kepada Masjid-masjid terpilih yang terdapat di Kepulauan Riau.

Pembagian sapi untuk qurban ke Masjid di Kepulauan Riau merupakan kegiatan yang rutin dilakukan Gubernur Ansar semenjak dilantik menjadi Gubernur Kepulauan Riau. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *