Bahas Kerjasama Sukseskan Pilkada Serentak, Ketua KPU Kepri Sambangi PWI Kepri

Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau, Indrawan Susilo Prabowoadi foto bersama dengan Ketua dan pengurus PWI Kepri membahas kerjasama untuk mensukseskan Pilkada serentak 2024. (Foto: Dok. PWI Kepri)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau, Indrawan Susilo Prabowoadi SH MH, mengunjungi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri di Komplek Sentral Kencana No. 20, Jalan Tanjung Uban Lama, Tanjungpinang, Senin 10 Juni 2024.

Kunjungan Ketua KPU Kepri ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerjasama dalam upaya menyukseskan Pilkada serta meningkatkan partisipasi pemilih.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua PWI Kepri, Andi, menyampaikan harapannya agar silaturahmi ini tidak berhenti di sini saja.

“Mudah-mudahan silaturahmi tidak kali ini saja, akan ada lagi, dan terus kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Andi juga menekankan pentingnya peran wartawan dalam meluruskan informasi yang simpang siur terkait proses pemilu.

Baca Juga :  Big Match Smash Indonesia 2022, Ketua KPK RI Melawan Pembina JMSI Kepri

“Saya berharap apa arahan yang akan PWI Kepri lakukan untuk sukseskan Pilkada. Yang menjadi tugas wartawan meluruskan informasi yang simpang siur tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi menyampaikan berbagai inisiatif yang dilakukan KPU Kepri untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Meskipun jumlah pemilih secara absolut meningkat, persentase partisipasi menunjukkan penurunan dibandingkan pemilu sebelumnya. Hal ini disebabkan peningkatan jumlah pemilih terdaftar yang lebih besar daripada jumlah pemilih yang hadir di TPS.

Untuk menghadapi tantangan ini, KPU Provinsi Kepri bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk media dan organisasi wartawan seperti PWI, untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat.

“Kami memiliki berbagai program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkecimpung dalam jurnalistik dan fotografi. Dengan pemberitaan dan foto yang baik, kami berharap masyarakat dapat memahami pentingnya partisipasi dalam pemilu,” ujar Indrawan.

Baca Juga :  RSUD RAT Respon Dugaan Malpraktik yang Viral Usai Diadukan ke Hotman Paris

Upaya lain yang dilakukan adalah penyebaran informasi melalui iklan di berbagai media, baik cetak maupun online.

“Kami juga berencana menempatkan iklan di berbagai media. Kami ingin mendapatkan masukan mengenai kualifikasi media yang cocok untuk menerima iklan ini, agar informasi bisa sampai ke masyarakat dengan tepat,” tambahnya.

Selain itu, program rekrutmen untuk petugas pemilu sedang berjalan dengan target merekrut sekitar 5.964 petugas yang akan bekerja mulai 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

“Petugas TPS untuk wilayah dengan jumlah pemilih di atas 400 akan disiapkan 2 petugas untuk memastikan akurasi data. Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan proses pemilu ini,” jelas Indrawan.

Baca Juga :  Walikota Tanjungpinang Siap Menjadi Orang Pertama Yang Divaksinasi

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya partisipasi dalam pemilu dapat meningkat, sehingga partisipasi pemilih pada pemilu mendatang akan kembali meningkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *