Luncurkan Pilgub dan Pilwako 2024, KPU Tanjungpinang Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif

Komisioner KPU Kota Tanjungpinang saat melakukan peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang Tahun 2024, Sabtu (25/05) malam di Taman Tugu Sirih Tanjungpinang. (Foto: Oktarian/radarsatu.com)

TANJUNGPINANG, radarsatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang Tahun 2024. Peluncuran berlangsung pada Sabtu (25/05) malam di Dataran Gurindam 12 Tepi Laut, Tanjungpinang Barat.

Ketua KPU Tanjungpinang Muhammad Faisal, dalam sambutannya sebelum peluncuran mengatakan, KPU Tanjungpinang saat ini tengah mempersiapkan Pilkada menyusul telah diluncurkannya secara nasional pada 31 Maret dan tingkat Provinsi Kepri pada bulan April lalu.

“Hari ini pula kami melaksanakan peluncuran tahapan Pilgub, pilwako bersama 158 Kabupaten/ Kota yang juga melaksanakan pilkada seluruh Indonesia,” ungkap Faizal.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa momentum ini merupakan komitmen KPU Tanjungpinang yang siap memaksakan, sekaligus ajakan masyarakat Tanjungpinang untuk berpartisipasi aktif secara umum langsung bebas rahasia adil dan bermartabat.

Faizal juga mengungkapkan, terkait dua tahapan besar yakni, persiapan dan penyelenggaraan sesuai PKPU nomor 2 tahun 2024, dimana KPU Tanjungpinang telah melaksanakan tahapan pilkada, diawali pendaftaran pemantau pemilu, pendaftaran calon perseorangan, pembentukan badan ad hok se-Tanjungpinang.

“Dan besok Insha Allah akan dilantik pula PPS se Tanjungpinang. Dalam waktu dekat juga akan lakukan pemutakhiran pemilih, tahapan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan masyarakat maka itu kami berharap partisipasi aktif masyarakat Tanjungpinang,” ucapnya.

Dikarenakan pilkada salah satu agenda penting dalam menata demokrasi, dalam kesempatan itu dirinya menghimbau masyarakat luas, untuk belajar menghargai perbedaan dan bersatu demi Tanjungpinang yang bermarwah dan bermartabat.

“Tetap jaga kerukunan dan perdamaian demi pilkada yang jujur umum langsung rahasia dan bermartabat,” himbaunya mengakhiri sambutan.

Senada hal itu, Ketua KPU Provinsi Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi, menyampaikan terimakasih atas segala sinergitas yang telah terjalin antara Pemda, TNI/ Polri sehingga pemilu legislatif dan pilpres beberapa waktu lalu berjalan baik.

“Keberhasilan ini harus tetap diteruskan dan kita tingkatkan, oleh itu kami berpesan khususnya kepada KPU Tanjungpinang agar meningkatkan koordinasi komunikasi dengan Pemda dan FKPD, terkait persiapan dan tahapan hingga puncaknya nanti dihari pemilihan,” pesan Indrawan.

Selain itu, Indrawan juga berharap tahapan pilkada yang tersisa 105 hari ini, nantinya berjalan dengan baik, “Tentu sebagai Ibukota Provinsi kami berharap dapat berjalan dengan baik,” tutupnya.

Kegiatan peluncuran Pemilihan Gubernur dan Waki yang ditandai dengan penekanan tombol sirine secara bersama sama itu, juga disejalankan perkenalan maskot pilkada kepri Rami dan Kesi yang terinspirasi dari hewan kekah yang terdapat di Natuna.

Kegiatan juga disemarakkan dengan panggung hiburan rakyat, yang diisi penampilan grup musik dan tarian Melayu, ada juga tarung pantun, hingga celoteh budak sebauk, yakni sebuah drama bermuatan kearifan lokal yang sarat dengan pesan-pesan moral.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kota Tanjungpinang, Zul Hidayat, Pimpinan FKPD Kota Tanjungpinang, Kepala OPD Pemko Tanjungpinang, Ketua dan Komisioner KPU se Provinsi Kepri, Pimpinan partai politik serta pimpinan organisasi masyarakat dan pimpinan organisasi media se Tanjungpinang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *