Penutur Asing di Johor Malaysia Kini Bisa Kursus Bahasa Jawa

MALAYSIA, RADARSATU.COM – Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asli (BIPA) terkhusus Bahasa Jawa kini hadir di Johor, Malaysia.

Program itu merupakan bentuk sinergi KJRI Johor Bahru, KBRI Kuala Lumpur, Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Konjen RI Johor Bahru, Sigit Suryantoro Widiyanto program itu memberikan kursus bahasa Jawa bagi penutur asing di Malaysia.

“Kursus bahasa Jawa ini baru pertama kalinya dilakukan di Perwakilan RI di Malaysia. Peresmiannya oleh Konjen RI Johor Bahru mewakili Dubes RI Kuala Lumpur di Keraton Mbah Anang Jalan Yusuf, Kampung Parit, Johor,” ucapnya.

Sigit Suryantoro mengungkapkan, kursus itu adalah upaya agar budaya Jawa menjadi sebuah budaya inklusif sehingga dapat berkembang dan terus lestari.

Sejak puluhan tahun lalu, banyak keturunan masyarakat Jawa yang berdomisili di Johor khususnya daerah Muar dan Batu Pahat. Kursus itu juga akan dapat menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah pusat budaya Jawa di Johor.

“Tenaga pengajar dan kurikulum kursus yang pada tahap awal berlangsung secara online berasal dari UNESA,” ucapnya.

Melalui 16 kali pengajaran, pihaknya berharap para penutur asing dapat menguasai dasar dasar bahasa Jawa.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menciptakan sistem pengajaran yang menyenangkan supaya menarik. Tidak hanya mempelajari teori aksara dan bahasa Jawa, tapi juga mengenai tembang dan langgam.

Kedepannya, pengajaran juga akan berlangsung secara offline atau luar jaringan.

Tampak hadir juga Timbalan Dekan UTHM, Yayasan Warisan Johor, Jabatan Pendidikan Negeri Johor, Perwakilan dari Pegawai Daerah Batu Pahat, dan Perwakilan Pegawai Daerah Muar.

Kemudian, ada juga Timbalan PPD Batu Pahat dan Muar, Ketua Badan Kebudayaan Setia Budi, serta Pengerusi dan Pengasas Persatuan Jawa Parit Bugis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *