Indeks

Waspada! BMKG Prediksi Hujan Disertai Petir 2-3 Hari Kedepan Masih Terjadi di Tanjungpinang

Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang, Miranda Putri Permatasari (Foto: Yuki Vegoeista/radarsatu.com)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi hujan ringan hingga lebat masih akan ada di Tanjungpinang.

Prihal ini dikarenakan aktifnya Gelombang Rossby Ekuatorial di sekitar wilayah Kepulauan Riau dapat meningkatkan aktivitas konvektif yang dapat mengakibatkan hujan.

“2-3 hari ke depan diprakirakan masih ada potensi terjadinya hujan lokal (tidak merata) yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang,” ucap Prakirawan Cuaca BMKG Tanjungpinang, Miranda Putri Permatasari.

Ia melanjutkan, hal ini terjadi karena adanya pertumbuhan awan konvektif Cumulonimbus, terutama pada pagi hingga siang hari atau malam hari hingga pagi hari.

Ia juga mengungkapkan sampai dengan saat ini masih ada potensi pertumbuhan awan konvektif Cumulonimbus. Sehingga masih ada potensi terjadinya hujan beserta petir dan angin kencang.

Tidak selesai sampai situ, ia juga mengungkapkan prihal kejadian Angin Puting Beliung (18/05). Berdasarkan hasil pengamatan di BMKG Tanjungpinang teramati pertumbuhan awan konvektif Cumulonimbus.

“Awan konvektif tersebut mengakibatkan terjadinya hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang mulai pukul 11.00 – 18.30 WIB wilayah Kota Tanjungpinang dan sekitarnya, termasuk Dompak,” tambahnya.

Tidak berhenti sampai situ, BMKG Tanjungpinang tetap meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan saling menjaga satu sama lain.

“Masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan juga dalam melakukan perjalanan darat maupun laut,” tutupnya.

Exit mobile version