Indeks

Ini Kekayaan dan Perjalanan Karir Agung Dharma Syakti Rektor UMRAH 2024-2028

Ket foto : Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA Guru Besar Fakultas Ilmu Kelautan UMRAH yang juga Rektor UMRAH Tanjungpinang periode 2020-2024. (Sumber Foto: Ist)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Agung Dharma Syakti kembali menjabat sebagi rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) usai memenangkan Pemilihan Rektor periode 2024-2028.

Periode kali ini merupakan periode keduanya dalam memimpin universitas negeri pertama di Kepri itu. Sebelumnya, Agung meneruskan tonggak kepemimpinan rektor UMRAH periode 2016-2020 yakni Syafsir Akhlus. Kemudian, ia terpilih sebagai rektor UMRAH periode 2020-2024.

Di tahun 2024, Agung kembali mengikuti pemilih rektor UMRAH. Ia berhasil mengungguli dua kandidat lainnya yakni Tengku Said Raza’i, Oksep Adhayanto.

Ketua Senat UMRAH, Isnaini Leo Shanty mengungkapkan, setidaknya ada 26 suara senat dan 14 suara dari Kemendikbudristek yang melakukan pemilihan terhadap 3 calon Rektor yakni Tengku Said Raza’i, Oksep Adhayanto, dan Agung Dhamar Syakti.

Hasilnya, Tengku Said mendapat nol suara, Oksep Adhyanto mendapat sembilan suara, dan Agung Dhamar mendapatkan 31 suara.

“Dari 40 suara Alhamdulillah dipergunakan semua dan calon nomor 3 mendapat suara terbanyak yakni 31 suara,” ucapnya.

Nantinya, Senat UMRAH akan menyurati kementrian dan melengkapi berkas rektor hasil pemilihan itu.

Perjalanan Karir 

Melansir lama UMRAH.ac.id, Agung Dhamar Syakti memiliki riwayat pendidikan yang cukup mentereng. Bahkan hingga ke luar negeri. Ia merupakan lulusan S1 Universitas Riau program studi Ilmu Kelautan pada 1998 silam.

Kemudian, Agung melanjutkan pendidikannya di Université d’Aix-Marseille, Perancis pada tahun 2000 lalu. Di sana, Agung menekuni bidang Biosciences Marine.

Setelah itu, ia melanjutkan studi S3-nya di universitas yang sama yakni Université d’Aix-Marseille pada tahun 2004. Studinya adalah Kimia Analitik.

Di sisi lain, Agung memiliki sejumlah aktivitas profesional di dunia pendidikan. Selain terpilih menjadi rektor UMRAH, Agung juga merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Pencemaran Laut dan Bioremediasi, Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan UMRAH.

Selanjutnya, ia juga dikenal sebagai Editor-in-Chief, jurnal Omni-Akuatika – Universitas Jenderal Soedirman, serta Ketua Komisi Sumber Daya Maritim – Dewan Riset Daerah, Provinsi Kepulauan Riau.

Tak hanya itu, jabatan lain yang pernah ia pegang adalah Senior Scientist Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Lautan–IPB dan Pusat Studi Biosains Maritim- UNSOED, dan Ketua Umum ISOI 2021-2024.

Kekayaan

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2020. Kekayaan Agung Dhamar Syakti mencapai Rp3,9 miliar.

Agung tercatat memiliki tanah dan bangunan senilai Rp3,7 miliar. Luasan tanah Agung 2.919 m² di Kota Bogor, tanah dan bangunan seluas 320m²/298m² di Tanjungpinang, dan tanah seluas 320 m² juga di Tanjungpinang.

Sementara alat transportasi, Agung hanya memiliki dua kendaraan yakni mobil Toyota Kijang Innova Tahun 2006 senilai Rp90 juta dan sepeda motor Yamaha SE88 senilai Rp9,4 juta. Totalnya, sekitar Rp99 juta.

Selain itu, di LHKPN tersebut tertera Agung memiliki kas senilai Rp234 juta dan utang sebesar Rp129 juta. Dari total semuanya, setidaknya kekayaan agung mencapai Rp3,9 miliar.

Exit mobile version