Pemeriksaan Elektroencepalograf Tersedia di RSUD Raja Ahmad Tabib

Dr. Helda Juliana Siahaan Sp.N, Dokter Spesialis Neurologi Rumah Sakit Ahmad Thabib. Foto: dok. RSAT

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com – Elektroensefalogram (EEG) adalah suatu pemeriksaaanneurologis untuk melihat aktifitas listrik di otak. PemeriksaanEEG ini bisa dilakukan pada pasien-pasien epilepsi atau pun yang diduga epilepsi, pasien dengan nyeri kepala , tumor otak, gangguan perkembangan otak , stroke , kepikunan (penyakitAlzheimer), kerusakan otak akibat cedera otak, gangguantidur dan untuk menentukan kematian otak.

Tindakan Elektroensefalogram (EEG) pada salah satu pasien di RSUD Raja Ahmad Tabib. Foto: dok. RSAT

Pemeriksaan inijuga dapat dilakukan selama dilakukan pembedahan pada kasus kasus epilepsi yang memerlukan tindakan pembedahandimana hasil EEG akan menggambarkan fokus lepas muatanlistrik diotak sehingga mampu mengarahkan dokter bedahuntuk melakukan Tindakan operatifnya di fokus kejangtersebut.

Pemeriksaan EEG dilakukan dengan cara yang tidakinfasif. Hanya dengan melekatkan beberapa elektroda kecil di beberapa lokasi tertentu di kepala maka alat ini akan dapatmenangkap aliran listrik di permukaan otak pasien. Aliranlistrik ini akan digambarkan dalam bentuk gelombang dan dapat menunjukkan kelainan otak yang diderita pasien. Hasil rekaman EEG akan dibaca dan diinterpretasikan oleh spesialisneurologi sehingga bisa disimpulkan tatalaksana lanjutanuntuk pasien tersebut.

Pasien-pasien yang memerlukan pemeriksaan ini harusdiperiksa terlebih dahulu oleh spesialis neurologi untuk lebihmemastikan apakah memang ada indikasi pemeriksaan EEG pada pasien tersebut. Dokter maupun perawat EEG akanmemberikan beberapa instruksi atau persiapan yang harusdilakukan pasien sebelum pemeriksaan dilakukan.

Instruksitersebut termasuk seperti menghindari obat obat yang bisamempengaruhi gelombang otak (dalam hal ini dokter akanmenjelaskan obat yang dimaksud), meminum alkohol ataupuninstruksi seperti pembatasan tidur.

Tidak lupa juga untukmembersihkan rambut (keramas) dan tidak menggunakan gel rambut atau hair spray sebelum tindakan dilakukan. Pasiendiharapkan menggunakan pakaian yang nyaman selamapemeriksaan dan tidak menggunakan perhiasan maupun jam tangan.

RSUD Raja Ahmad Tabib berkomitmenuntuk semakin meningkatkan layanan Kesehatan bagimasyarakat Kepulauan Riau , dimana layanan pemeriksaaanneurologi menjadi salah satu bagian didalamnya. Denganadanya alat pemeriksaan EEG di RSUD Raja Ahmad Tabibmaka penegakan diagnosis yang membutuhkan alat ini akansemakin mudah dijangkau oleh masyarakat Kepulauan Riau  dan khususnya masyarakat Tanjung pinang  sekitarnya.

Penulis: RobbinEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *