Skenario Timnas Indonesia U-23 Lolos Perempat Final, Pantang Kalah Dari Yordania Malam Ini

Pemain timnas indonesia u-23 bergembira saat berhasil mencetak gol di gawang Australia u-23. Foto: dok pssi.

JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 memiliki kesempatan besar untuk lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Tapi, tim asuhan Shin Tae-yong itu juga bisa terpeleset dan pulang lebih cepat. Lantas harus bagaimana Tim Garuda Muda di laga terakhirnya?

Timnas Indonesia U-23 saat ini berada di posisi kedua dengan tiga poin dari dua laga yang sudah dimainkan. Tim Garuda Muda kalah 0-2 dari Qatar pada laga pertama dan menang 1-0 atas Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

Kemenangan atas Australia berkat gol tunggal Komang Teguh memang membuka peluang Tim Garuda Muda untuk bisa melangkah ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menilai Timnas Indonesia U-23 tak boleh cepat puas, setelah mengalahkan Australia. Menurutnya, Timnas Indonesia U-23 masih harus menghadapi Yordania, sebelum benar-benar lolos ke babak selanjutnya.

“Australia kita kalahkan 1-0, tapi berpuas diri? Tidak, kita masih ada Yordania,” kata Erick Thohir dikutip dari Instagram pribadinya, Minggu (21/4/2024).

Peluang lolos itu hanya bisa didapatkan oleh Timnas Indonesia U-23 dengan menempati peringkat kedua dalam klasemen Grup A. Maklum Qatar sudah dipastikan menjadi juara Grup A dengan dua kemenangan yang mereka raih.

Bahkan jika Timnas Indonesia U-23 bisa meraih kemenangan di laga terakhir dan Qatar kalah pun, Tim Garuda Muda tetap akan ada di peringkat kedua karena kalah head to head.

Namun, bagaimana sebenarnya kans Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke perempat final? Bagaimana skenario yang akan melengangkan tim asuhan Shin Tae-yong itu atau justru menghentikannya di laga terakhir? Berikut ulasannya:

Timnas Indonesia U-23 jelas ingin mengakhiri fase grup Piala Asia U-23 2024 dengan kemenangan atas Yordania. Apalagi lawan terakhir Tim Garuda Muda itu juga belum berhasil meraih kemenangan.

Yordania mengawali kiprah di Piala Asia U-23 2024 dengan hasil imbang tanpa gol melawan Australia. Namun, mereka harus kalah 1-2 dari Qatar pada laga keduanya.

Hasil yang diraih Yordania itu membuat Timnas Indonesia U-23 punya kans untuk memenangkan pertandingan. Dengan enam poin di tangan, Tim Garuda Muda tidak akan bisa lagi tergeser dari peringkat kedua meski Australia mampu menang atas Qatar.

Lantas bagaimana jika Timnas Indonesia U-23 hanya mampu bermain imbang melawan Yordania dalam laga terakhirnya di Grup A Piala Asia U-23 2024?

Hasil imbang akan membuat Timnas Indonesia U-23 mengoleksi empat poin dari tiga laga. Sementara Yordania akan punya dua poin.

Perolehan empat poin yang dimiliki Timnas Indonesia U-23 berpotensi disamakan oleh Australia U-23 andai tim berjulukan Olyroos itu menang atas Qatar. Namun, Tim Garuda Muda akan tetap ada di atas Australia dengan aturan head to head.

Satu-satunya hasil yang wajib dihindari oleh Timnas Indonesia U-23. Jika punya peluang lolos lewat kemenangan atau hasil imbang, akan sangat menyakitkan untuk Timnas Indonesia U-23 gagal lolos karena kalah dari Yordania.

Semangat juang Yordania yang masih punya peluang untuk lolos sebagai runner-up grup adalah sesuatu yang wajib untuk diantisipasi tim asuhan Shin Tae-yong.

Jika Yordania yang menang, maka mereka akan punya empat poin, sementara Timnas Indonesia U-23 akan tergeser dari posisi kedua karena hanya memiliki tiga poin. Jadi andai Tim Garuda Muda kalah, maka Rizky Ridho dkk. akan pulang lebih cepat. *

 

 

sumber: bola.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *