Indeks

Gubernur Ansar Resmi Buka MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun, Ajak Masyarakat Lestarikan Nilai Al-Qur’an

Gubernur Ansar Resmi Buka MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun, Ajak Masyarakat Lestarikan Nilai Al-Qur'an
Gubernur Kepri Ansar Ahmad membuka secara resmi MTQ XIII Kabupaten Karimun (foto diskominfo kepri)

KEPRI, RADARSATU.com – Disambut meriah oleh ribuan masyarakat, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad telah secara resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Arena Utama MTQ XVI Kabupaten Karimun, Coastal Area, pada Selasa malam, 16 April 2024.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Ansar, didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Karimun, serta tamu undangan lainnya, setelah sebelumnya diawali dengan khotmil Quran.

Tema yang diangkat untuk MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024 adalah “Dengan MTQ ke XVI Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024, Kita Wujudkan SDM yang Qur’ani dalam Kehidupan Masyarakat Karimun yang BERSIH (Beriman, Sehat, Indah, Harmoni, dan Madani)”.

Acara MTQ ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 16 hingga 21 April 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 272 orang dan diikuti oleh 14 Kecamatan Se-Kabupaten Karimun. Cabang yang diperlombakan antara lain tartil Quran, Tilawah Quran, Fahmil Qur’an, Shahril Quran, serta Tahfidz Qur’an.

Dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Gubernur Ansar mengawali sambutannya dengan menyampaikan Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karimun.

“Semoga ibadah yang kita lakukan selama Bulan Ramadhan mampu kita pertahankan dan implementasikan nilainya dalam kehidupan sehari-hari dan dipertemukan kembali pada Ramadhan mendatang,” ucapnya.

Gubernur Ansar mengajak semua pihak untuk memaknai pelaksanaan MTQ ini sebagai momentum penting untuk menjabarkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan, baik pribadi maupun sosial.

“Saya yakin dan percaya kepada para anggota Dewan Hakim yang mendapat tugas pada pelaksanaan MTQ kali ini mampu melaksanakan tugas dengan baik. Serta berperan dalam meningkatkan kualitas MTQ sebagai wadah evaluasi pendidikan Al-Qur’an,” tambahnya.

Gubernur Ansar juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Karimun, Wakil Bupati. Serta semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ ke-XVI Kabupaten Karimun.

“Semoga dengan pelaksanaan MTQ ini, kita dapat melahirkan generasi Qur’ani dan semakin menambah syiar Islam sebagai wujud penghambaan kita kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Dr. Syarifah. Beberapa Kepala OPD Kepri, Forkompinda Kabupaten Karimun, pimpinan Instansi Vertikal Kabupaten Karimun, serta Kepala OPD Kabupaten Karimun.

Exit mobile version