Indeks

BUP BP Batam: Terjadi Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Batam Periode Libur Lebaran

BUP BATAM: Terjadi Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Batam Periode Libur Lebaran
BUP BP Batam mencatat, terjadi lonjakan penumpang di pelabuhan selama libur lebaran (foto bp batam)

BATAM, RADARSATU.com -Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam melaporkan lonjakan signifikan dalam jumlah penumpang yang menggunakan layanan pelabuhan selama periode angkutan Lebaran tahun 2024.

Dalam periode mulai 26 Maret 2024 (H-15) hingga 14 April 2024 (H+3), sebanyak 580.867 penumpang dilayani di Terminal Ferry Domestik dan Terminal Ferry Internasional di wilayah kerja Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar, menyatakan bahwa jumlah tersebut menandai peningkatan sebesar 11% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang mencapai 521 ribu penumpang.

Peningkatan tertinggi terjadi di Terminal Ferry Domestik, mencapai 15%, dengan total 316 ribu penumpang datang dan berangkat.

Puncak arus mudik terjadi pada H-3, di mana 16.795 orang meninggalkan Batam, sementara arus balik mencapai puncaknya pada H+3 dengan 17.541 penumpang tiba.

Dendi memperkirakan peningkatan akan terus terjadi pada H+4 karena kegiatan perkantoran dan sekolah sudah kembali normal setelah libur Hari Raya Idul Fitri 2024.

Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur dan Terminal Ferry Internasional Batam Centre merupakan terminal tersibuk selama periode tersebut, masing-masing melayani 139 ribu dan 154 ribu penumpang.

Terminal ini menghubungkan Batam dengan berbagai destinasi seperti Tanjung Pinang, Dabo Singkep, Tanjung Uban, Tarempa, serta Malaysia dan Singapura.

Selama periode angkutan Lebaran, BUP Batam menyiagakan empat posko angkutan laut dan melakukan pengawasan terpadu bersama berbagai instansi terkait di Pelabuhan Batam.

Dendi menyampaikan apresiasi atas sinergi lintas instansi dalam menjaga kelancaran dan ketertiban arus mudik Lebaran 2024.

Exit mobile version