Kemenag Kota Batam Catat Pengumpulan Zakat di Lokasi Salat Idul Fitri Tembus Rp 43 Miliar

Kemenag Kota Batam Catat Pengumpulan Zakat di Lokasi Salat Idul Fitri Tembus Rp 43 Miliar
Zakat,infaq dan sadakah kota Batam yang terkumpul selama shalat Idulfitri tembus Rp 43 miliar (foto mc batam)

BATAM, RADARSATU.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Kepulauan Riau, mencatat jumlah zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul selama perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di daerah tersebut mencapai Rp 43 miliar.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Zulkarnain Umar, menyatakan bahwa angka tersebut masih merupakan laporan sementara dan akan terus direkap hingga satu minggu ke depan.

“Ini juga melampaui target kami yang mencapai hampir 43 miliar se-Kota Batam, terutama dari sisi pengumpulan zakat fitrah, zakat mal, infak, sedekah di setiap masjid dan musala,” ujar Zulkarnain Umar di Batam pada Rabu (10/4).

Tahun ini juga mencatat peningkatan dalam jumlah lokasi salat Idulfitri, mencapai 889 lokasi dibandingkan dengan 831 lokasi pada tahun 2023.

“Ada kenaikan 7 persen untuk lokasi Salat Idulfitri. Ini menunjukkan perkembangan masyarakat Muslim di Kota Batam dan peningkatan pendirian rumah ibadah dalam bentuk masjid dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Salat Idulfitri di Kota Batam tahun ini difokuskan di tiga lokasi utama, yaitu Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturrahman.

Pada Rabu pagi, umat Islam di Kota Batam dengan antusias mengikuti Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Dataran Engku Putri meskipun diguyur hujan deras.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *