Hari Ini Kemenag Kepri Pantau Hilal di Dompak

Ilustrasi

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kepulauan Riau (Kepri) bakal melakukan pemantauan hilal di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (09/04) sore.

Hal itu sebagai syarat penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah.

“Dan kita memang sudah beberapa kali melakukan rukyatul hilal di Pantai Setumu ini, sebelumnya itu kan kita pantaunya di Bukit Cermin,” ucap Ketua tim urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Kepri, Titi Hindon.

Kali ini, kegiatan rukyatul hilal itu akan berlangsung di Pantai Tanjung Setumu. Penentuan itu sesuai instruksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Karena di lokasi tersebut menurut BMKG itu memang yang terbaik untuk melihat hilal di Tanjungpinang, karena lebih terbuka,” kata Titi.

Kepri menjadi satu dari 134 titik pantau hilal yang di seluruh Indonesia. Kemudian, pihaknya akan melaporkan hasilnya pemantauan tersebut kepada Kemenag RI.

Sebelumnya, perkiraan awal Syawal akan jatuh pada 10 April 2024. Namun hal ini masih menanti hasil sidang Isbat Kementerian Agama RI.

“Posisi hilal yang ideal harus berada di atas 3 derajat. Hal ini berdasarkan hasil kesepakatan Menteri Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS),” katanya, mengakhiri. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *