Empat Langkah Bijak Memilih Kuliner Aman untuk Lebaran

Empat Langkah Bijak Memilih Kuliner Aman untuk Lebaran
Ilustrasi penjualan kue lebaran di Tanjungpinang. (Foto: Muhammad Chairuddin)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com – Seiring dengan mendekati hari besar Idulfitri 1445H/2024M, berbagai kuliner mulai ramai diminati untuk memenuhi kebutuhan perayaan. Namun, dalam memilih kuliner untuk Lebaran, keselamatan dan keamanan konsumen juga harus menjadi prioritas utama.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Loka POM Tanjungpinang, Irdiansyah, menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan pengawasan ketat guna memastikan kualitas dan keamanan pangan yang beredar di pasaran.

Hingga saat ini, pada Kamis (04/04), tidak ditemukan adanya produk pangan berbahaya yang beredar di pasaran.

Walau demikian, Irdiansyah juga mengingatkan pentingnya peran konsumen dalam memilih kuliner yang aman selama Lebaran.
“Dalam memilih obat dan pangan yang aman, langkah Cek KLIK menjadi kunci penting,” ujarnya.

Irdiansyah menambahkan, ada empat langkah yang harus dilakukan oleh konsumen dalam memilih dan memilah kuliner yang aman, yakni:

Pertama, Cek Kemasan. Konsumen harus memastikan kemasan produk selalu dalam kondisi sempurna, terutama jika kemasannya berbahan kaleng. Penyokan, pembengkakan, atau kerusakan pada kemasan dapat menjadi indikasi ketidakamanan produk.

Kedua, Cek Label. Konsumen harus memperhatikan label pada kemasan, yang minimal mencantumkan nomor izin edar, komposisi, nama produk, jenis, kode produksi, dan tanggal kedaluwarsa.

Ketiga, Cek Izin Edar. Penting bagi konsumen untuk memastikan bahwa produk yang akan dibeli memiliki izin edar resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang biasanya dicantumkan dengan nomor registrasi.

Keempat, Cek Tanggal Kedaluwarsa. Konsumen harus selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa pada kemasan produk, mengingat konsumsi bahan pangan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa dapat membahayakan kesehatan.

“Dengan memperhatikan keempat langkah ini, diharapkan konsumen dapat memilih dan mengonsumsi kuliner Lebaran dengan lebih aman dan nyaman,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *