Jelang Idul Fitri Pemkab Karimun Gelar Pangan Murah Serentak Nasional

Warga serbu Pangan Murah Serentak Nasional yang digelar Pemkab Karimun. (Foto: Riandi/Radarsatu).

KARIMUN, RADARSATU.COM – Badan Pangan Nasional (BPN) bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun menggelar Gerakan Pangan Murah untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan di Kabupaten Karimun.

Gerakan Pangan Murah yang diwujudkan dalam bentuk Pasar Murah ini berlangsung di Halaman GOR Indoor Badang Perkasa, Kecamatan Meral, Senin (1/4/2024).

Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, dengan memulai sesi Zoom Terpusat bersama Kementerian Pertanian.

Anwar Hasyim mengatakan, kegiatan pangan murah yang diinisiasi oleh BPN, Pemerintah Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun ini dilaksanakan secara serentak di 518 Kabupaten/Kota dan 38 Provinsi.

“Kegiatan diawali dengan zoom terpusat bersama Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Badan Pangan Nasional. Ada beberapa pemaparan terkait kegiatan ini,” katanya.

Melalui kegiatan pasar murah ini, Pemerintah Kabupaten Karimun berharap dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka.

“Apalagi menjelang lebaran Idul Fitri, tentunya kebutuhan masyarakat bertambah. Selain hari ini, kami juga telah beberapa kali mengadakan pasar murah ini, dan besok akan ada di Kecamatan Moro,” ujarnya.

Selain itu, Anwar Hasyim juga memastikan bahwa kebutuhan pokok di Karimun aman menjelang lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Dari laporan yang saya terima, tidak ada kelangkaan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukriyanto Jaya Putra, menyebutkan bahwa kegiatan Gerakan Pangan Murah ini didanai oleh Pemerintah Pusat, dalam rangka penanganan pasokan dan harga menjelang Idul Fitri 1945 Hijriyah.

“Ini adalah GPN kedua, yang pertama diadakan di Polres,” katanya.

Ia menjelaskan, ada dua tujuan utama dari Pasar Murah ini, yaitu menstabilkan harga bahan pokok dan memberikan akses bahan pokok yang murah kepada masyarakat.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Dan kegiatan pasar murah ini dapat terus berlanjut, dimana besok akan diadakan di Kundur, dan setelah lebaran di Pulau Kundur,” jelasnya.*

Penulis: HaryonoEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *