Wali Kota Rudi dan Wagub Marlin Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an Kota Batam

Wali Kota Rudi dan Wagub Marlin Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an Kota Batam
Wali kota Batam H.,M. Rudi dan Wagub Kepri Marlin Agustina menghadiri peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Kota Batam (foto dok diskominfo batam)

BATAM – Wali Kota H.Muhammad Rudi dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina hadiri peringatan malam Nuzulul Qur’an tingkat Kota Batam 1445 Hijriah. Acara ini diselenggarakan di Halaman Masjid Mukhtarul Arifin, Perumahan Taman Cipta Asri, Tembesi, Sagulung, Batam, pada Rabu (27/3/2024).

Sebelum acara peringatan Nuzulul Qur’an dimulai, Wali Kota Batam Muhammad Rudi bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina secara simbolis menyerahkan santunan kepada 1500 anak yatim.

Hadir juga dalam acara ini Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, Forkopimda Kota Batam, para asisten, OPD, camat dan lurah se-Kota Batam, serta tokoh agama Kota Batam.

Ribuan jemaah turut hadir dengan antusias, dan peringatan Nuzulul Qur’an ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam.

Acara peringatan Nuzulul Qur’an ini diisi dengan ceramah dari Ustaz Ahmad Rustandi dan penampilan religi dari AI Khodija, penyanyi kenamaan dari Ibukota.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Marlin menjelaskan bahwa Nuzulul Qur’an terjadi pada tahun 610 Masehi, saat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibrīl, sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Al-Qur’an. Al-Qur’an dianggap sebagai pedoman berkehidupan, mengandung bimbingan, perintah, larangan, kabar gembira, peringatan, dan ajakan untuk menyembah Allah SWT semata.

Marlin juga mengajak masyarakat untuk tidak hanya menjadi pembaca pasif, tetapi aktif dan kritis, sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Dia juga menyerukan pentingnya menjaga kesatuan, persatuan, dan meningkatkan ibadah di bulan Ramadan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin menyampaikan bahwa peringatan Nuzulul Qur’an kali ini dimulai dengan santunan untuk 1500 anak yatim. Dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah, berbuka puasa bersama, solat isya berjamaah, dan tarawih, hingga pada acara puncak peringatan Nuzulul Qur’an.

Jefridin juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus masjid dan masyarakat sekitar yang telah memberi izin untuk melaksanakan kegiatan ini, serta meminta maaf jika ada ketidaksesuaian dalam acara tersebut.

Acara ini menjadi momen penting bagi masyarakat Kota Batam untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta merayakan kehadiran Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *