Dukung TIK di Pasaman Barat, PLN Icon Plus Perkuat Infrastruktur FO

Dukung TIK di Pasaman Barat, PLN Icon Plus Perkuat Infrastruktur FO
PLN Icon Plus kembali memperkuat infrastruktur fiber optik (FO) di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.(dok fotopln iconplus)

PASAMANBARAT, RADARSATU.com – PLN Icon Plus kembali memperkuat infrastruktur fiber optik (FO) di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen PLN Icon Plus dalam meningkatkan kualitas layanan dan konektivitas di wilayah Pasaman Barat.

Dengan memperkuat infrastruktur FO, diharapkan mampu mendukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di daerah tersebut.

PLN Icon Plus menjalankan peran penting dalam pengembangan infrastruktur FO di Indonesia.

Dengan adanya PLN Icon Plus, integrasi data Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, semakin mudah diakses oleh lapisan masyarakat.

Infrastruktur FO yang dibangun oleh PLN Icon Plus memungkinkan penyebaran jaringan internet dan intranet antar OPD (organisasi perangkat daerah) yang lebih luas dan cepat, sehingga dapat mendukung perkembangan TIK di seluruh OPD.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pasaman Barat, Hendra Putra, S.STP, mengatakan penguatan infrastruktur FO di Pasaman Barat telah membawa dampak positif yang signifikan bagi masyarakat setempat.

‘’Kehadiran infrastruktur FO telah memperluas akses internet dan integrasi data antar OPD, memungkinkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk terhubung dengan lebih luas dan efisien,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, permintaan akan koneksi internet yang handal semakin meningkat di Pasaman Barat, dan dengan adanya pengembangan jaringan FO ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Terpisah, kepada sejumlah media, Ahad (24/3/2024), General Manager PLN Icon Plus SBU Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng), Bahru Rodi Ilmawan, mengatakan pihaknya terus memperkuat infrastruktur FO di seluruh wilayahnya.

Program ini, imbuhnya, bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas jaringan internet di berbagai daerah Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat.

“Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, PLN Icon Plus merancang strategi yang komprehensif, serta melakukan perluasan jaringan FO dengan membangun ribuan kilometer kabel FO baru di berbagai wilayah Sumbagteng,’’ bebernya.

Hal ini menurutnya, dilakukan untuk memastikan bahwa jaringan FO mencakup seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah terpencil dan terluar.

‘’Selain itu, PLN Icon Plus juga melakukan modernisasi infrastruktur FO yang sudah ada,’’ tutur Bahru.

Dalam implementasinya, PLN Icon Plus juga mengutamakan penggunaan teknologi yang ramah lingkungan.
Program ini memastikan bahwa pembangunan infrastruktur FO dilakukan dengan cara yang tidak merusak lingkungan dan meminimalisir dampak negatif terhadap alam.

“Hal ini sejalan dengan visi PLN Icon Plus untuk menciptakan infrastruktur FO berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Dengan strategi komprehensif ini, PLN Icon Plus diharapkan mampu memperkuat infrastruktur FO di Pasaman Barat,” pungkas Bahru.

Terpisah, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, mengatakan bahwa PLN Icon Plus akan terus berusaha memberikan layanan internet yang terbaik dan berada di garis depan dalam hal konektiviras digital. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *