Kendalikan Inflasi dan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan, Pemda Bintan Gelar GPM

Sekda Bintan, Ronny Kartika saat hadir di pasar murah. (Foto: Diskominfo Bintan).

BINTAN, RADARSATU.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di Gedung Community Centre, Minggu (10/3/2024) pagi.

Kegiatan pangan murah tersebut menyediakan berbagai komoditas pangan dengan harga dibawah harga pasar seperti beras premium, beras medium, gula, minyak goreng, tepung, daging ayam, daging sapi, telur, sayuran, bawang, cabai merah dan komoditas lainnya.

Sekda Bintan, Ronny Kartika saat membuka kegiatan menuturkan bahwa kegiatan pangan murah tersebut dalam rangka menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat sekaligus  menjaga stabilitas pangan terhadap laju pertumbuhan inflasi menjelang Ramadhan 1445 H.

Baca Juga :  Jadi Irup Peringatan HUT ke-79 RI di Lingkungan Pemprov Kepri, Sekda Adi Ajak Berjuang Lebih Keras

“ Seperti biasa, menjelang dan pada saat bulan suci Ramadhan, biasanya permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat cendrung terus meningkat, sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat, maka Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan wujud dari kehadiran pemerintah dalam menjamin ketersediaan pangan,” tuturnya.

Selain pangan murah, DKPP Bintan juga menyerahkan bantuan 1.000 benih cabai bagi pengunjung untuk ditanam dilahan pekarangan rumah. Menurutnya, langkah ini juga sebagai intervensi terhadap komoditas yang sering menjadi penyumbang angka inflasi.

Baca Juga :  Sudah Ditetapkan, UMP Riau 2024 Naik Sebesar Rp3.294.625 

“cabai rawit dan cabai merah acapkali menjadi komoditas penyumbang angka inflasi. Maka kita mengajak masyarakat untuk menanam cabai di lahan-lahan pekarangan rumah dengan media tanam polybag,” tutupnya*

Penulis: IlhamEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *