Ini 9 Makanan untuk Penderita Asam Lambung!

Ilustrasi. (Foto: alodokter.com).

RADARSATU.COM – Makanan untuk penderita asam lambung yang harus dipilih terkadang cukup membingungkan. Pasalnya, jika salah memilih makanan, produksi asam lambung dapat meningkat dan memperparah keluhan yang diderita.

Penderita asam lambung atau GERD perlu lebih cermat dalam mengonsumsi makanan agar asam lambung tidak naik. Ada makanan untuk penderita asam lambung yang disarankan dan tidak disarankan.

Contoh makanan yang dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung antara lain adalah cokelat, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, buah-buahan yang asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih. Selain itu, makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, juga sebaiknya dihindari.

Pilihan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung untuk mencegah dan meredakan gejala akibat penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita asam lambung:

1. Oatmeal

Penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung. Hal ini karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung.

Oatmeal tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebih.

Perlu Anda ketahui, mengonsumsi makanan melebihi kapasitas lambung akan meningkatkan tekanan pada cincin otot di bagian bawah kerongkongan (lower esophageal sphincter/LES). Tekanan pada organ tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya heartburn yang ditandai dengan nyeri ulu hati karena asam lambung naik.

2. Jahe

Rempah yang satu ini tidak saja memberikan rasa hangat bagi tubuh, tetapi juga bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita asam lambung.

Gingerol yang terdapat pada jahe diketahui bisa membuat otot-otot di dinding lambung menjadi lebih rileks. Berkat efeknya yang satu ini, mengonsumsi jahe dapat mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Selain itu, kandungan antiradang di dalam jahe juga bermanfaat untuk meredakan peradangan pada kerongkongan akibat naiknya asam lambung.

Namun, efek ini mungkin memberikan efek yang berbeda pada tiap orang. Jadi, sesuaikan lagi dengan respon tubuh Anda untuk memperoleh manfaat jahe sebagai makanan untuk penderita asam lambung.

3. Lidah buaya

Di samping manfaatnya untuk kecantikan kulit, lidah buaya juga dapat menjadi makanan untuk penderita asam lambung. Hal ini karena zat antiradang dalam lidah dapat mengurangi produksi asam lambung.

Lidah buaya juga memberikan efek menenangkan saat pencernaan terasa tidak nyaman akibat asam lambung. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa mengongumsi lidah buaya dalam sediaan jus atau minuman yang menyegarkan.

4. Sayuran

Makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi dapat memicu asam lambung naik. Sementara itu, sayuran seperti brokoli, pokcoy, selada, timun, kentang, dan buncis termasuk rendah lemak dan gula. Inilah sebabnya penderita asam lambung disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran.

5. Daging tanpa lemak

Mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung. Hal ini karena makanan berlemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh. Akibatnya, lambung akan menghasilkan lebih banyak asam untuk mencerna makanan tersebut.

Jika Anda ingin mengonsumsi daging, ikan, dan makanan laut lainnya, pilihlah yang tanpa lemak dan tanpa kulit. Selain itu, olahlah makanan tersebut dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

6. Pisang

Pisang memiliki kandungan pH yang bersifat alkalin atau basa, sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Pisang juga dapat melindungi lambung dari iritasi akibat asam lambung.

Namun, pisang yang baik sebagai makanan untuk penderita asam lambung adalah yang sudah matang. Mengonsumsi pisang yang belum benar-benar matang justru dapat memicu asam lambung pada sebagian orang.

7. Semangka

Semangka juga bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita asam lambung. Buah yang kaya akan kandungan air dan bersifat basa ini bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.

Selain semangka, buah-buahan lain yang baik untuk penderita asam lambung adalah melon, apel, dan pir.

8. Roti gandum

Pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya. Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Serat dalam roti gandum berfungsi untuk mengurangi asam lambung dan mengurangi frekuensi heartburn.

9. Yoghurt

Meskipun yoghurt identik dengan rasanya asam, nyatanya makanan ini tergolong aman sebagai makanan untuk penderita asam lambung. Kalsium dan protein yang terkandung dalam yoghurt diduga bermanfaat untuk mengatasi asam lambung.

Kalsium berperan sebagai antasida yang dapat menetralkan asam lambung dan meningkatkan fungsi otot katup lambung. Sementara iyu, protein secara tidak langsung berperan dalam mencegah makanan naik ke kerongkongan.

Namun, pastikan memilih yoghurt rendah lemak. Pasalnya, yoghurt yang tinggi lemak justru dapat memicu peningkatan asam lambung.

Selain mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung, Anda juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, dan tidur langsung setelah makan.

Jangan biarkan asam lambung yang naik mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Agar asam lambung tidak kambuh, jelilah dalam memilih makanan untuk penderita asam lambung.

Jika Anda sudah mencoba berbagai makanan untuk penderita asam lambung tetapi masih mengalami keluhan yang sama, konsultasilah dengan dokter. Selain mendapatkan saran makanan yang sesuai, dokter juga bisa menyarankan porsi makan yang sesuai bagi Anda.

 

Sumber: alodokter.com

Editor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *