Mengenal Sosok Rinaldi, Alumni STM Kuansing jadi Penguji UKK di SMK N 3 Tanjungpinang

Rinaldi, Alumni STM Kuansing jadi Penguji UKK di SMK N 3 Tanjungpinang. (Foto: Oktarian/Radarsatu).

KUANSING, RADARSATU.COM – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Tanjungpinang, Provinsi Kepri menggelar Uji Kompetensi Keahlian atau UKK. Kegiatan ini diketahui telah berlangsung dari 28 Februari sampai 06 Maret 2024 mendatang di lokasi sekolah yang beralamat di jalan Sultan Sulaiman, Kampung Bulang.

UKK adalah penilaian terhadap hasil belajar siswa yang mengacu pada Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia Level 2. Penilaian dilakukan dengan kegiatan pengumpulan bukti-bukti  dan praktek yang relevan untuk menentukan apakah peserta didik telah kompeten atau belum kompeten pada kualifikasi tertentu.

Diketahui Tahun 2024 ini, pada Jurusan Teknik Permesinan SMKN 3 Tanjungpinang diikuti 41 siswa kelas XII Selain guru sekolah, UKK SMKN 3 Tanjungpinang ini juga melibatkan penilai eksternal. Rinaldi (42) salah satunya, sejak 10 tahun terakhir ia jadi penguji langganan disekolah itu.

Rinaldi sehari-harinya merupakan karyawan PT A and One Precision Engineering Indonesia, yang berlokasi di kawasan BIIE Lobam, Bintan Utara. Ditemui di Tanjungpinang pada Kamis (29/02) petang, disela-sela aktifitasnya yang padat pria lulusan jurusan mekanik umum di SMKN 1 Teluk Kuantan (dahulu bernama STM Teluk) ini adalah perantau yang berasal dari kecamatan Peranap, Indragiri Hulu, Provinsi Riau.

“Saya merantau pertama kali ke Tanjung Uban ini pada 2001, awalnya sempat kesulitan mendapatkan pekerjaan, mungkin karena ga pakai “orang dalam,” ujarnya terkekeh.

Hingga akhirnya setelah ia mendapatkan pekerjaan, berselang beberapa bulan kemudian memutuskan kontrak kerja, alasannya merasa tidak ada tantangan. Beruntung lamarannya di PT A and One saat itu diterima sehingga bisa langsung bekerja masih ditahun pertamanya  merantau.

“Saya ini berasal dari keluarga susah (kurang mampu),” ungkapnya. Rinaldi mengisahkan bagaimana perjuangannya ketika masih bersekolah dahulu. Seminggu sekali saya harus pulang kampung dari Taluk ke Peranap, untuk mengambil bekal seperti beras dan lauk dan uang jajan yang jauh dari kata cukup dari orang tuanya saat itu.

“Untuk seminggu uang jajan saya Rp 15 ribu, kadang hari Kamis sudah habis dan Sabtu sepulang sekolah harus ke peranap lagi, yang membutuhkan 2 jam perjalanan darat naik angkutan umum,” jelasnya.

Namun berkat tekun dan kedisiplinan, masa-masa sulit itu berhasil dilewatinya, hal ini karena selain dirinya yang tidak mudah terpengaruh pergaulan remaja yang kurang baik seperti merokok, keluar malam dan lainnya. Tak heran meski berlatar belakang keluarga kurang mampu, ia memiliki prestasi akademik dengan menjadi juara kelas. Bahkan prestasi non akademik, Rinaldi memiliki bakat luar biasa di cabang olahraga sepakbola.

Skill yang dimilikinya itu tak jarang memperoleh rezeki tersendiri, karena sering di pakai sejumlah klub untuk bermain sepakbola di kejuaraan turnamen antar kampung (Tarkam). “Pada saat masih sekolah itu, saya pernah memperkuat Tim Suratin dan poprov Kabupaten Kuansing,” ungkap Rinaldi.

Selain di SMKN 3 Tanjungpinang, Rinaldi aktif kegiatan sosial Dan Pernah menjadi Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan sekarang dipercaya menjadi ketua karang Taruna di Kelurahan Teluk Lobam Kecamatan Seri Kuala Lobam ini, sejak dua tahun terakhir diminta menguji di SMKN 1 Seri Kuala Lobam pada jurusan Teknik Permesinan Kapal.

Disekolah itu juga, dirinya pernah diminta menjadi pembicara seperti kegiatan pelatihan yang bertujuan memotivasi siswa. “Saya memberikan pembekalan terkait etos kerja kepada siswa siswi yang akan melaksanakan Prakerin,” ujarnya.

Menurut Rinaldi salah satu kunci sukses keberhasilannya dalam pekerjaan dan karir jabatannya yakni sikap disiplin dan pola hidup yang sehat. Diungkapkannya, dengan posisinya saat ini sebagai Supervisor di PT A and One, saat ini dirinya di percaya membawahi tak kurang sebanyak 60 orang karyawan yang tersebar di 4 Departemen.

Atas kepercayaan yang telah diberikan pihak perusahaan kepada dirinya, Rinaldi tidak lupa menyampaikan terimakasih.

“Ucapan terimakasih kepada PT A and One yang selalu kasih izin kepada saya setiap kegiatan UKK di sekolah,” ucap Rinaldi menutup pembicaraan.*

Penulis: OktarianEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *