Serahkan Bantuan Kesehatan Ibu Hamil, Hasan Harap Angka Stunting Dapat Turun

Hasan, dalam suatu kegiatan saat masih menjabat sebagai Pj. Walikota Tanjungpinang, Hasan. (Foto: dok. Radarsatu.com)

TANJUNGPINANG, RADARSATU.com — Menjaga kesehatan ibu hamil dan penanganan stunting, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan bersama ketua PKK Kota Tanjungpinang menyerahkan bantuan berupa bahan makanan dan susu untuk ibu hamil yang mengalami Kekurangan Energi Kronois (KEK), bantuan susu untuk balita stunting, juga alat ukur antropometri kit kepada 7 Posyandu.

Kegiatan juga disejalankan dengan penyerahan bantuan alat tangkap perikanan untuk nelayan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang dilaksanakan di halaman Kantor Kelurahan Tanjung Unggat, Senin (22/1).

Hasan mengatakan bahwa bantuan bahan makanan merupakan bantuan lanjutan yang diserahkan secara kontiniu.

“Bantuan bahan makanan dan susu bagi ibu hamil dengan kondisi KEK, diberikan setiap bulan sesuai usia kehamilan yang bersangkutan. Misal saat ini usia kandungan 7 bulan, maka akan menerima kembali untuk 2 bulan kedepan hingga lahiran,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Kampung Jawa Digegerkan Penemuan Mayat Perempuan, Diduga Sudah 2 Hari

Ditambahkan, dalam rentang waktu 4 bulan terakhir ini angka stunting di Kota Tanjungpinang telah mengalami penurunan. Dari 351 balita, saat ini sudah di angka 334 balita.

“Alhamdulillah atas komitmen semua pihak, angka stunting sudah menunjukkan penurunan. Tentu ini membutuhkan keseriusan bersama, karena tidak mudah untuk menurunkan angka stunting. Selain didukung oleh bantuan dan pemantauan kesehatan dari Pemerintah, juga diharapkan peran orang tua yang harus memperhatikan kebersihan lingkungan dan tempat tinggal agar kondisi kesehatan anak selalu terjaga. Maka penting sekali untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk mendukung upaya percepatan penurunan dan penanganan stunting,” sebut Hasan.

Baca Juga :  Antrean Solar Mengular, Manajemen SPBU Soekarno Hatta Tanjungpinang Angkat Bicara

Hasan dalam kesempatan itu juga turut mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemerintah Provinsi kepada nelayan Kota Tanjungpinang dengan memberikan bantuan alat tangkap, juga pada tahun lalu ikut memfasilitasi iuran BPJS Ketenagakerjaan. Mudah-mudahan dengan bantuan ini, nelayan menjadi semakin bersemangat dan hasil tangkapan semakin baik, serta meningkatnya kesejahteraan nelayan,” harapnya.

Adapun bantuan bahan makanan yang diserahkan berupa beras sebanyak 5 kg, 4 kotak susu hamil, gula 1 kg, kacang hijau 2,5 kg dan 2 liter minyak goreng.

Baca Juga :  PWI Bangun Jembatan Kesejukan dengan Gowes Syiar MTQH

Sementara bantuan yang diserahkan kepada nelayan terdiri dari, kawat bubu sebanyak 25 gulung, bubu ketam sebanyak 800 buah, jaring udang sebanyak 215 pcs. Juga penyerahan Laporan Hasil Uji (LHU) produk perikanan.

Adapun untuk penyerahan bantuan kawat bubu diserahkan kepada kecamatan Tanjungpinang kota dan kecamatan Tanjungpinang Barat, bubu ketam untuk Kecamatan Bukit Bestari, dan jaring udang untuk kecamatan Tanjungpinang Kota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *