Rumkital Dr. Midiyato Suratani Laksanakan Dukungan Test Urikes Tahap II

Kepala Departemen Kesehatan Keangkatan Lautan (Kadepkesla) Kolonel Laut (K) dr. Hawari Abdi, Sp.Rad dan didampingi Tim Administrasi Letkol Laut (K) Edy Jarot Suryanto, A.Md., Kadiskes Lantamal IV Batam Letkol Laut (K) drg. Herlambang, Sp.Perio saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: Okta/Radarsatu.com).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang melaksanakan Dukungan Test Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) bagi Calon Siswa Bintara PK pria/wanita dan Tamtama PK TA. 2024 Panda Lantamal IV Batam.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Medical Check Up (MCU) Departemen Kesehatan Keangkatan Lautan (Depkesla) Rumkital  Dr. Midiyato Suratani, Jl. Ciptadi No. 01, Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Selasa (23/1/2024) Pagi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Departemen Kesehatan Keangkatan Lautan (Kadepkesla) Kolonel Laut (K) dr. Hawari Abdi, Sp.Rad dan didampingi oleh Tim Administrasi Letkol Laut (K) Edy Jarot Suryanto, A.Md., Kadiskes Lantamal IV Batam Letkol Laut (K) drg. Herlambang, Sp.Perio., Kabag Urikkes Mayor Laut (K) dr. Christian Bambang Sulistio, Sp.PA., Tim MCU Rumkital Dr. Midiyato Suratani serta Tim Diskes Lantamal IV.

Adapun Calon Siswa Bintara PK pria/wanita dan Tamtama PK TA. 2024 Panda Lantamal IV Batam yang melaksanakan Test Kesehatan Tahap Kedua tersebut sebanyak 133 Calon Siswa yang terdiri dari 74 orang Calon Bintara Pria, 24 orang Calon Bintara Wanita dan 35 Calon Tamtama, yang berasal dari Panda Batam, Sub Panda Ranai, Dabo Singkep, Tanjung Balai Karimun dan Tarempa.

Petugas Rumkital kesehatan Dr. Midiyato Suratani saat memeriksakan salah seorang calon siswa TNI AL pada Urikes Tahap II, Selasa (23/1/2024) pagi. (Foto: Okta/Radarsatu.com)

Pemeriksaan Test Kesehatan Tahap Kedua yang dilaksanakan di Rumkital Dr. Midiyato Suratani difokuskan pada pemeriksaan darah lengkap, Urine Rutin, Fungsi Hati (SGOT, SGPT), Fungsi Ginjal (Ureum, Creatinin), Hepatitis B, test Kehamilan (bagi perempuan), pemeriksaan EKG dan Rontgen Thorax, USG (khusus Calon Tamtama) untuk Pemeriksaan USG Calon Bintara akan dilaksanakan di Lanal Malang supaya dapat memastikan kondisi kesehatan Calon Bintara dan Tamtama PK TNI Angkatan Laut Panda Lantamal IV Batam dalam keadaan baik.

Kadepkesla Kolonel Laut (K) dr. Hawari Abdi, Sp.Rad mengatakan, test Kesehatan Tahap Kedua yang dilaksanakan ini adalah merupakan bagian dari proses seleksi penerimaan prajurit TNI, mengingat untuk menjadi Prajurit TNI yang nantinya akan mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara, wajib memiliki kondisi fisik yang sehat dan prima.

“Menjadi prajurit TNI AL yang nantinya mengabdi kepada bangsa dan negara merupakan profesi yang tidak main main, dan mewajibkan anggotanya memiliki kondisi fisik yang sehat,” katanya.

Hawari juga berharap, kedepannya pada masa kedinasan para prajurit dapat menghasilkan SDM yang sehat dan unggul yang siap sedia menjaga keutuhan NKRI.

Sementara itu, Kepala dinas kesehatan Lantamal IV Batam/ Letkol Laut (K) drg. Herlambang menegaskan, seluruh peserta yang mengikuti seleksi calon siswa Bintara maupun tamtama sama sekali tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran secara online hingga rangkaian Test yang dijalani.

“Jadi untuk penerimaan anggota TNI Angkatan Laut, tidak ada dipungut biaya sepeserpun,” ujarnya.

Rangkaian Test Kesehatan Tahap Kedua tersebut rencana besok akan diakhiri dengan kegiatan donor darah dari Calon Bintara dan Tamtama PK TNI Angkatan Laut Panda Lantamal IV Batam sebanyak 133 orang, yang selanjutnya kantong darah yang sudah terkumpul akan digunakan untuk mengisi ketersediaan stok darah di PMI Kota Tanjungpinang, dalam upaya membantu masyarakat Provinsi Kepri yang membutuhkan.

Penulis: OktaEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *