Cen Sui Lan Resmikan Jalan Sei Asam-Sebele Kecamatan Belat Karimun

Anggota Komisi V DPR RI, Cen Sui Lan (baju putih 3 dari kanan) bersama para Kades, Ketua RW dan Ketua RT, tokoh masyarakat, alim ulama dan masyarakat berdoa pada peresmian jalan Sei Asam-Sebele, Kecamatan Belat Kabupaten Karimun, Jumat (5/1/2024) lalu. (Foto: Harry/Radarsatu.com).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Baru-baru ini Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau, Cen Sui Lan telah meresmikan peningkatan Jalan Sei Asam-Sebele, yang berada di Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun.

Jalan Sei Asam-Sebele yang diresmikan itu sepanjang 2,8 kilometer dengan memakan dana sebesar Rp 21 Miliar yang berasal dari dana aspirasi atau rekomendasi dan persetujuan Cen Sui Lan lewat Inpres Jalan Daerah (IJD).

Berdasarkan UU nomor 2 tahun 2022 dan Inpres nomor 3 tahun 2023 tentang Jalan Daerah, Cen Sui Lan selaku Anggota Komisi V DPR RI memiliki kewenangan untuk memberikan rekomendasi pembangunan jalan daerah.

Hal itu pula yang mempercepat peningkatan jalan tanah di Sei Asam menuju Sebele, Kecamatan Belat. Dan terealisasi lewat perjuangan Cen Sui Lan.

Ini menjadi bukti kepedulian Cen Sui Lan sebagai anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. Tak cuma peduli, Cen Sui Lan dikenal wakil rakyat yang merakyat dan berpengalaman dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Kepri.

Kegiatan pengaspalan jalan Sei Asam menuju Sebele di Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun tersebut berawal saat Cen Sui Lan menerima aspirasi masyarakat pada akhir Juli tahun 2023 lalu, tepatnya saat melaksanakan kunjungan kerja Reses ke Kabupaten Karimun.

Dalam kegiatan tersebut, Cen Sui Lan meresmikan program-program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang banyak dialokasikannya untuk mengintervensi desa-desa di Kabupaten Karimun. Seperti kegiatan program PISEW, Sanitasi Desa (Sandes), Program Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas), program bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Termasuk Program hibah BUMDes yang sudah memiliki Badan Hukum dan Nomor Induk Berusaha (NIB). Serta progran-program pembangunan Prasarana Stategis lainnya. Seperti rehabilatasi bangunan SDN, SMPN, SMAN, MIN dan MTsN serta MAN Karimun. Ditambah dengan program-program bersifat usulan prioritas masyarakat seperti pembangunan pengamanan pantai.

Saat itu, Cen Sui Lan mendapat aspirasi untuk peningkatan jalan Sei Asam menuju Sebele di Kecamatan Belat. Aspirasi ini disampaikan oleh Latif Muhammad selaku Kades Sebele, Kecamatan Belat.

Menurutnya, masyarakat Sebele dan Sei Asam sejak Indonesia merdeka, belum ada jalan beraspal melewati kampung. Latif Muhammad sangat berharap agar jalan tersebut dibangun.

“Dengan dibangunnya jalan tersebut, baru seperti merdeka kami,” kata Latif Muhammad.

Harapan yang sama juga disampaikan Marsudi selaku Kades Sei Asam.

“Kami berharap agar penanganan jalan Sei Asam-Sebele ini benar-benar direalisasikan,” pinta Marsudi. Aspirasi Kades Sebele dan Kades Sei Asam itu langsung direspon oleh Cen Sui Lan.

“Untuk peningkatan jalan Sei Asam-Sebele atau sebaliknya dari Sebele-Sei Asam itu, kita rekomendasikan dengan alokasikan dana sebesar Rp21 miliar, lewat IJD. Karena, itu merupakan kebijakan saya,” kata Cen Sui Lan, kala itu.

“Untuk peningkatan jalan Sei Asam-Sebele sepanjang 2,8 kilometer atau hampir 3 kilometer itu, dialokasikan dana Rp21 miliar pada tahun anggaran 2023 ini juga,” tegas Cen Sui Lan.

Kemudian, Aunur Rafiq Bupati Karimun menyelesaikan administrasi pengusulan peningkatan jalan Sei Asam-Sebele tersebut, bersama Stanley Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga. Administrasi usulan dari kepala daerah ini penting, agar jalan daerah tersebut dapat ditangani lewat skema dana Inpres Jalan Daerah (IJD).

Penulis: HarryEditor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *