70 Perawat dan Bidan RSUD RAT Ikuti Pelatihan BTCLS

Pembukaan BTCLS Gel I. (Foto: istimewa).

TANJUNGPINANG, RADARSATU.COM – Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan melaksanakan kegiatan In House Training Basic Trauma, Cardiac Life Support (BTCLS) bagi 70 orang perawat dan bidan RSUD Raja Ahmad Tabib, yang bekerjasama Medical Service dan Training (MST) 119 sebagai instruktur.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 gelombang, yaitu 1-19 November 2023 dan 21 hingga 26 Desember 2023 mendatang.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut, Kabid Diklat Litbang Deskasari, SKM menyampaikan bahwa manajemen Rumah Sakit bertanggungjawab dan berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas SDM Rumah Sakit agar menjadi tenaga kesehatan yang professional sehingga pelayanan yang diberikan kepada pasien semakin maksimal dan paripurna.

Baca Juga :  Muhammad Rudi Ajak PWI Kepri Sukseskan Investasi di Kota Batam

“Di era akreditasi saat ini, baik itu akreditasi terhadap fasilitas pelayanan tingkat pertama (FKTP) dan rumah sakit guna mewujudkan visi dan misi RSUD Raja Ahmad Tabib yaitu menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan yang berkesinambungan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang kompeten berintegrasi dan memiliki daya kerja,” katanya.

Simulasi praktek evakuasi. (Foto: istimewa).

Menurutnya, kecelakaan atau bencana dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, seperti halnya kecelakaan lalulintas, kecelakaan rumah tangga, kecelakaan kerja, dan sebagainya.

Perawat sebagai lini terdepan dalam pelayanan gawat darurat harus mampu menangani masalah yang diakibatkan kecelakaan dengan cepat dan tepat.

“Oleh karena itu perawat dituntut untuk memiliki  kompetensi dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardioviskuler,” ujarnya.

Baca Juga :  Mulai Hari Ini Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Dibuka Gratis untuk Arus Mudik Lebaran
Simulasi praktek inisial assesment.

Salah satu upaya dalam peningkatan kompetensi tersebut dilakukan melalui pelatihan. Basic Trauma Caridac Life Support (BTCLS) merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardioviskuler.

Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisirkan kerusakan organ serta kecacatan penderita.

Adapun kompetensi yang menjaditujuan yang harusdicapai oleh perawat dalam pelatihan BTCLS diantaranya dapat  melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD), mampu melakukan penilaian awal (initial assessment).

Ujian praktek inisial assesment.

Kemudian mampu melakukan penatalaksanaan pasien dengan gangguan pernafasan dan jalan nafas (airway and breathing), mampu melakukan penatalaksanaan pasien akibat trauma kepala dan spinalthorak dan abdomen, musculoskeletal dan lukabakar.

Baca Juga :  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Timah Tbk Tanam Ratusan Cemara

Dan selanjutnya mampu melakukan penatalaksanaan pasien dengangan gguan sirkulasi, mampu melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan kardiovaskuler, mampu melakukan penatalaksanaan proses rujukan, mampu melakukan triage pasien. (*)

Editor: Riandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *