Demi Tingkatkan Prestasi Olahraga, Porwil Sumatera XI Riau Resmi Dibuka

Plt Gubernur Riau, Saat Membuka Porwil XI Sumatera di Riau. (Foto: Pat)

PEKANBARU, RADARSATU.com — Ribuan masyarakat memadati pembukaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Riau yang resmi dibuka di Halaman Kantor Gubernur Riau, pada Sabtu (4/11/2023) malam.

Opening Ceremony Porwil Sumatera XI Riau 2023 dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) yang diwakilkan oleh Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera.

Dwijayanto Sarosa mengatakan, Porwil Sumatera XI Riau 2023 merupakan ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera, sekaligus sebagai ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Dalam mewujudkan visi Indonesia emas 2045, terangnya, pemerintah telah menetapkan peraturan Presiden nomor 86 tahun 2021 yaitu tentang desain besar olahraga nasional  (DBON). Dimana didalam DBON merupakan arah pembangunan olahraga nasional yang terencana, terukur, terarah, dan berkesinambungan

“DBON memiliki 4 pilar utama, yaitu peningkatan prestasi olahraga, peningkatan partisipasi masyarakat dalam berolahraga melalui pilar olahraga rekreasi, peningkatan ekosistem olahraga melalui pilar industri olahraga, dan yang terakhir peningkatan sumber daya manusia melalui pilar olahraga pendidikan,” jelasnya.

Sementara Porwil Sumatera XI Riau 2023, adalah merupakan salah satu bagian dari upaya untuk mewujudkan pilar prestasi olahraga. Ajang ini, lanjutnya, merupakan kesempatan bagi para atlet untuk menunjukkan kemampuan terbaik dan meraih prestasi yang membanggakan.

“Saya berharap Porwil Sumatera XI Riau 2023 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera, dan saya berharap seluruh atlet yang berlaga dapat menjadi inspirasi untuk masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam berolahraga,” sebutnya.

“Selamat bertanding, dan sukses untuk Porwil Sumatera XI 2023. Saya yakin dengan kerja keras, semangat pantang menyerah dan menjunjung tinggi sportifitas, para atlet dapat memberikan penampilan terbaik dalam meraih prestasi yang membanggakan. Semoga Porwil tahun ini berjalan lancar dan sukses, dengan mengucapkan Bismillah Porwil Sumatera XI Riau 2023 dengan ini secara resmi dibuka,” tandasnya.

Berbagai macam acara digelar pada acara puncak pembukaan Porwil Sumatera XI dengan tagline “Berani Juara”. Acara pembukaan itu menampilkan defile kontingen dan tari kolosal dengan 400 penari. Selain itu juga ada marching band dari Satpol PP Rokan Hulu dan penampilan sountrack lagu “Berani Juara” dari  siswa SMA 1 Rokan Hilir.

Tak hanya itu, sebagai hiburan PB Porwil Sumatera juga mendatangkan artis dari Yogyakarta, Tri Suaka yang merupakan idola kaula muda. Kemudian juga diramaikan oleh band lokal. Lalu, termasuk penyalaan api obor Porwil, yang dinyalakan oleh mantan atlet Riau. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *