Indeks

Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Pelalawan

Ilustrasi Karhutla. (Foto: Patrison/MCR)

PEKANBARU, RADARSATU.com —  Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Desa Pengkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Pelalawan, Rabu (20/9/2023).

Petugas gabungan berjibaku melakukan upaya pemadaman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M. Edi Afrizal mengatakan, api yang melahap lahan di desa tersebut sempat padam pada Selasa (19/9/2023) kemarin. Namun sore hari nya, tiba-tiba angin kencang berhembus hingga api muncul dan membesar kembali.

“Kemarin sebenarnya sudah kondusif, tinggal pendinginan, tiba-tiba ada angin kencang seperti angin puting beliung, selesailah, membesar lagi apinya. Hari ini kawan-kawan masih melakukan pemadaman,” katanya.

Edi mengungkapkan, kebakaran lahan di desa Pengkalan Gondai tersebut meluas hingga masuk ke kawasan konsesi perusahaan. Yakni PT Langgam Inti Hibrindo.

“Sesuai aturan yang ada, dari BNPB, kita tidak diperkenan untuk melakukan operasi water bombing di areal perusahaan, karena itu tanggung jawab perusahaan, jadi untuk Water bombing kita tunda dulu,” katanya.

Pihaknya sudah meminta kepada pihak perusahaan untuk membantu Satgas Karhutla melakukan pemadaman. Sebab api sudah masuk ke area konsesi perusahaan.

“Mereka (pihak perusahaan) sudah menurunkan petugas lebih kurang 200 orang untuk membantu melakukan pemadaman,” ujarnya. (*)

Exit mobile version