Bansos Rp. 25 Miliyar untuk Panti Asuhan Disalurkan Pemprov Riau

Gubernur Riau, Syamsuar Saat Memberikan Sambutan

PEKANBARU, RADARSATU.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Sosial Provinsi Riau telah menyalurkan bantuan sosial permakanan tahun 2023.

Bantuan sosial dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Bantuan tersebut secara simbolis telah diberikan oleh Gubernur Riau kepada para pengurus panti asuhan di 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar diwakili Kadisos Riau Tengku Zul Efendi mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau memberikan perhatian yang sangat serius terhadap pemenuhan kebutuhan permakanan anak, disabilitas dan lanjut usia (lansia) terlantar melalui pengelolaan Lembaga Kesejahteraan Sosial.

“Kami dijajaran Pemprov Riau maupun para wakil rakyat di DPRD Provinsi Riau berkomitmen memberikan yang terbaik demi membantu memenuhi kebutuhan anak, disabilitas dan lanjut usia terlantar di dalam panti,” ungkap T Zul Efendi pada kegiatan Rakor LKS di Pekanbaru, Senin (18/9/2023).

“Kami menyadari, mereka yang saat ini diasuh oleh LKS adalah titipan Allah SWT serta menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Oleh sebab itu, komitmen tersebut, dibuktikan kembali pada tahun ini yaitu sebanyak 95 LKS se Provinsi Riau diberikan bantuan sosial permakanan tahun 2023.

“Kemudian komitmen pemberian bantuan tersebut kami lanjutkan kembali pada tahun 2024. Sebanyak 95 lembaga telah kami usulkan dengan total anggaran 25 Miliyar Rupiah,” sebut T Zul Efendi.

Selain itu, pihaknya berpesan kepada ketua forum dan pengurus LKS se Provinsi Riau untuk terus memberikan perhatian terbaik kepada anak anak, kaum disabilitas dan orang tua lanjut usia yang hidup di bawah asuhan LKS.

“Mereka berhak diberikan kehidupan yang layak sebagaimana kehidupan masyarakat pada umumnya,” pesannya.

Keberadaan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) di Provinsi Riau menjadi salah satu jejaring sosial yang berjasa dalam pengasuhan sehingga permasalahan anak, disabilitas, dan lanjut usia terlantar dapat diatasi optimal mungkin.

“Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya untuk meringankan beban LKS dalam memenuhi kebutuhan dasar anak disabilitas dan lanjut usia terlantar di dalam panti selama tahun 2023,” jelas T Zul Efendi.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial Muhammad Mustafa juga turut menyatakan, bahwa penyaluran bantuan tersebut diberikan kepada 95 LKS yang ada di 12 kabupaten kota se Provinsi Riau.

“Untuk penyaluran bantuan tersebut dengan total Rp 25.130.440.00 yang diberikan kepada 95 LKS, terdiri dari 90 LKS anak, 4 LKA disabilitas dan 1 LKS lansia,” ucap Mustafa.

“Diserahkan secara langsung oleh Bapak Gubernur Riau di 12 kabupaten/kota dan terakhir penyaluran bantuan tersebut di Kota Pekanbaru pada 3 September lalu,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *