APD Tanjungpinang Bakal Buka Pelatihan Bagi Calon Legislatif

Training Calon Legislatif yang Bakal Diselenggarakan APD. (Foto: Riandi/Radarsatu)

TANJUNGPINANG, RADARSATU — Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) merupakan wahana peningkatan kapasitas, pengetahuan, keterampilan dalam penyelenggaraan, pengawasan, pemantauan dan kontestasi dalam proses demokrasi dan pemilu.

APD yang digawangi Cak Masykur panggilan akrab dari Masykurudin Hafidz sebagai Rektor APD Pusat ini dimentori oleh oleh 22 orang pakar kepemiluan, akademisi dan ahli Hukum dan Tata Negara tingkat nasional.

Pada Minggu (27/8/2023) APD telah menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas). Hampir seluruh Koordinator Provinsi dan 317 Kordinator tingkat Kabupaten/Kota se-Indonesia mengikuti Rakornas APD tersebut.

Salah satu Koordinator Daerah APD Kota Tanjungpinang, M. Hafidz Diwa Prayoga mengatakan APD hadir menjadi solusi dari pendidikan politik bagi masyarakat dan mitra kerjasama dalam kontestasi Pemilu 2024

“APD adalah solusi dari pendidikan Politik bagi masyarakat maupun peserta Pemilu, calon maupun penyelenggara Pemilu,” kata M. Hafidz, Rabu (6/09/23).

Yoga yang juga merupakan mantan Komisioner KPU kota Tanjungpinang menambahkan kontestasi Pemilu 2024 merupakan arena perebutan kekuasaan untuk meraih kursi di parlemen dan kursi kepala daerah 5 tahun kedepan. untuk itu perlu bersama bergotong royong mensukseskan pemilu 2024.

“Tentu ini menjadi kewajiban kita bersama agar agenda politik nasional 5 tahunan dilakukan secara jujur dan adil. Peserta dan penyelenggara pemilu melaksanakan tugas secara profesional dan memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan politik daerah agar demokrasi berjalan dengan sejuk dan damai,” Ucapnya.

APD telah merancang berbagai program untuk menyukseskan Pemilu 2024, antara lain program pelatihan bagi para caleg, manajemen saksi, strategi kampanye, teknik komunikasi publik, riset & analisis data serta tata cara penghitungan perolehan suara dan perolehan kursi.

“APD juga memberikan bantuan hukum untuk partai politik dan calon dalam proses laporan pelanggaran pemilu. Penanganan kasus melalui koordinator daerah akan dipandu oleh para pakar Hukum Pemilu seperti Abhan, Fritz Edward Siregar, Khairul Fahmi, Ahsanul Minan, Nur Hidayat Sardini” ujarnya.

Selain itu, APD juga berkomitmen untuk memberikan edukasi politik dan kepemiluan terutama dalam mengedukasi masyarakat untuk tidak terjebak dalam black campaign dan politik uang

“Dalam waktu dekat, APD Kota Tanjungpinang akan membuka kelas kegiatan pelatihan bagi calon legislatif, Insya Allah bulan oktober-november kami adakan kegiatan pelatihan untuk caleg kota tanjungpinang, bisa lintas partai atau caleg dalam satu partai nanti disesuaikan dengan pendaftar,” tutup Yoga mengakhiri.

APD juga menyediakan contact person untuk caleg yang ingin melakukan pendaftaran dan info lebih lanjut dapat menghubungi nomor WA 085374407930 (yoga). (*)

Penulis : Randi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *