Mahasiswa Kukerta UNRI Bawa Program Pentingnya Kesetaraan Gender Disekolah

Sekretaris Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Kemang Indah, Exaudi Lestari Aruan bersama rekannya tengah sosialisasi kesetaraan gender di SDN 016 Kemang Indah, Kabupaten Kampar, Jum'at (4/8/2023). Foto: Ist

KAMPAR, (RADARSATU.com) — Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Mahasiswa Universitas Riau melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta), beberapa program telah dibawa dalam kegiatan Kukerta.

Salah satunya seperti Mahasiswa Kukerta Universitas Riau yang melakukan program sosialisasi kesetaraan gender untuk siswa/i di SDN 016 Kemang Indah, Kabupaten Kampar.

Exaudi Lestari Aruan selaku Sekretaris Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Kemang Indah mengatakan, kesetaraan gender selalu menjadi topik hangat dalam kehidupan masyarakat, pergeseran konstruksi sosial terkait peran pria dan wanita serta tuntutan-tuntutan sosial dapat mengiringinya.

“Agar mudah dipahami adik-adik yang masih SD, kami melakukan sosialisasi dengan interaktif dalam bentuk penyampaian materi hingga kuis berhadiah,” kata Exaudi, Minggu (6/8/2023).

Dirinya bersama rekan-rekannya memaparkan materi terkait definisi kesetaraan gender, pentingnya kesetaraan gender, serta upaya-upaya untuk mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan sekitar.

Nantinya dengan sosialisasi ini, diharapkan siswa menjadi sadar akan pentingnya persamaan hak antara pria dan wanita, kemudian akan ada perubahan pola pikir dan perilaku yang lebih inklusif dan adil baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

Perubahan pola pikir yang mendukung kesetaraan inilah yang menjadi langkah awal mewujudkan anak-anak yang bebas dari diskriminasi gender dan merata dalam segala aspek kehidupan.

“kegiatan ini semakin membuka mata kita terhadap isu-isu diskriminasi, stereotip gender, maupun segala bentuk ketidaksetaraan dalam lini-lini kehidupan,” tutur Exaudi.

Tidak lupa, Exaudi juga mengapresiasi pihak sekolah dan masyarakat setempat yang mendukung sosialisasi kesetaraan gender yang dicanangkan.

Dirinya berharap, semakin banyak siswa/i yang memahami kesetaraan gender, apalagi siswa/i ini merupakan generasi penerus di masa depan.

“Program kesetaraan gender yang dilakukan oleh mahasiswa KKN di SD di Desa Kemang Indah ini mendapatkan respons positif dari para siswa, dan guru,” tutup Exaudi.

Editor: Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *