Satukan Tekad Tanggulangi HIV/AIDS Di Provinsi Riau

Ketua TP-PKK Provinsi Riau, Suti Mulyati Saat Memberikan Penjelasan Terkait Penanggulangan AIDS Provinsi Riau, Sabtu (5/8/2023).

PEKANBARU, (RADARSATU.com) – Permasalahan HIV/AIDS yang ada di Provinsi Riau menjadi perhatian Pemprov Riau. Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Riau, Suti Mulyati mengajak jajarannya untuk bersama – sama membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan HIV/AIDS yang ada di Provinsi Riau.

Dirinya menyebut mengatasi permasalahan HIV/AIDS hari menaruh tekad sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

“Marilah kita menyatukan tekad bersama untuk menanggulangi HIV/AIDS di Provinsi Riau sesuai tugas dan fungsi masing – masing,” ajaknya pada kegiatan pelatihan fasilitator bagi organisasi wanita paham HIV di Hotel Furaya. Sabtu, (5/8/2023).

Dalam pelaksanaan penanggulangan HIV/AIDS ada beberapa strategi yang diusung. Pertama, mencegah dan mengurangi resiko penularan HIV/AIDS, meningkatkan kualitas hidup orang dengan HIV/AIDS .

“Kemudian mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat HIV/AIDS pada individu, keluarga dan masyarakat. Agar setiap individu tersebut menjadi produktif dan bermanfaat bagi pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Riau, Sri Surya Ningsih mengungkapkan dalam mengatasi permasalahan ini, peran serta TP-PKK sangat diperlukan.

“KPA Provinsi Riau merasa perlu peranan kader – kader PKK, untuk ikut bersama masyarakat dalam membantu mengedukasikan bahaya HIV/AIDS. Serta memfasilitasi menghilangkan stigmatisasi dalam program penaggulangan HIV/AIDS,” papar Sri Surya.

Sri mengungkapkan selain untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan mengenai HIV/AIDS, juga untuk memperluas cakupan informasi mengenai kasus baru orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Provinsi Riau.

“Dengan adanya ibu – ibu yang ikut membantu memberikan informasi, kita harapkan akan ada informasi penemuan – penemuan kasus baru dan dapat menghilangkan stigmatisasi di masyarakat,” tutup Sri Surya. (*)

Editor: Ilham

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *